Detik-detik Guru Yonatan Tancap Gas di Antara Desingan Peluru Sebelum Akhirnya Ditembak Mati KKB

Minggu, 11 April 2021 – 13:32 WIB

(Foto: Istimewa)

(Foto: Istimewa)

PAPUA, REQnews - Seorang guru bernama Yonatan Renden menjadi korban kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Guru SMP Negeri Beoga itu tewas ditembak saat berkendara motor dengan kepala sekolah.

Ketika itu, Yonatan tengah pergi mencari terpal untuk menutupi jenazah guru Oktavianus Rayo, yang sebelumnya juga ditembak mati KKB Papua. Namun malang, Yonatan akhirnya juga menjadi korban KKB.

Ketika sedang berkendara motor, Yonatan dan kepala skeolah berinisial JS ditembaki KKB. Meski senjata telah meletus dua kali, Yonatan tetap tancap gas menuju Kampung Ongolan.

Tak berselang lama, terdengar lagi suara tembakan. Pasukan TNI pun melakukan tembakan balasan ke arah suara desingan peluru.

Kemudian, terjadi kontak senjata antara TNI dan KKB. Hingga akhirnya, guru Yonatan ditemukan meninggal di depan rumah kepala sekolah JS di Kampung Ongolan.

Meski sudah mendapat pertolongan medis, nyawa sang guru tak bisa diselamatkan. Buntut dari kejadian tersebut, kini TNI Polri memperketat pengamanan bagi para tenaga pengajar di Papua.

"Masyarakat tidak perlu takut atas teror yang diciptakan oleh kelompok kriminal bersenjata, karena TNI dan Polri akan terus mengejar mereka kemanapun mereka kabur," kata Kepala Humas Satgas Ops Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudussy, dikutip Minggu, 11 April 2021.