Viral! Bus Anti Peluru Satu-satunya di Indonesia Ada di Papua, Begini Penampakannya

Selasa, 20 April 2021 – 11:30 WIB

Bus anti peluru Freeport (Foto: Istimewa)

Bus anti peluru Freeport (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Indonesia khususnya Papua memiliki sebuah bus yang berbeda dengan bus pada umumnya. Bahkan dari seluruh dunia, bus ini disebut-sebut satu-satunya hanya ada di Indonesia. Penasaran seperti apa busnya?

Bus ini adalah bus anti peluru dengan desain super kuat yang terdapat di Mimika Papua, milik Freeport Indonesia.

Jika biasanya moda transportasi digunakan untuk berwisata atau perjalanan jauh, bus ini khusus untuk mengangkut karyawan Freeport Indonesia yang jaraknya 80 kilometer atau sekitar 2,5 - 3 jam perjalanan dari Terminal Gorong Gorong dan Bandara Moses Kilangin Timika menuju Tembagapura,

Fasilitasnya memang tidak selengkap dan semewah bus yang melintasi tol Trans Jawa. Namun bus ini dapat menjamin keselamatan para penumpang. Asal tahu saja perjalanan dari Timika ke Tembagapura sangat berisiko. 

Selain kondisi jalan yang terjal, pada beberapa titik sering terjadi penembakan oleh KKB. Maka dari itu, bus karyawan Freeport Indonesia dilengkapi dengan menggunakan teknologi anti peluru.

Bus karyawan yang dimodifikasi dari truk Iveco Trakker 380 4×4 yakni bak belakang diganti dengan manhaul bus bodies. Tiap unit bus buatan Italia tersebut bisa menampung 56-60 penumpang.

Setiap bus juga selalu dilengkapi pengawalan dari pasukan pengamanan bersenjata lengkap. Kendaraan ini selalu berjalan beriringan sekitar 7 - 12 bus.

Sopir mendapat perlindungan tambahan dengan mengenakan rompi anti peluru, kevlar, hingga helm anti peluru.

Bus anti peluru dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam ini, hampir seluruh bagiannya anti peluru, termasuk jendela bus yang juga ditutup dengan plat logam anti peluru dengan hanya menyisakan seperdelapan bagian di sisi atas jendela agar cahaya bisa masuk.