Soal Caption Hoaks Foto Presiden dan Wapres Sungkeman, Ustaz Yusuf Mansur Ngaku Salah ke Roy Suryo

Sabtu, 15 Mei 2021 – 23:56 WIB

Ustaz Yusuf Mansur

Ustaz Yusuf Mansur

JAKARTA, REQnews - Ustaz Yusuf Mansur (UYM) mendadak jadi bulan-bulanan netizen karena membuat narasi atau caption foto yang tidak benar pada salah satu unggahan terbarunya di akun Twitter.

Dalam cuitannya itu, UYM membagikan foto Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin sedang berjabat tangan.

Di foto tersebut Jokowi tampak duduk di lantai sembari membungkukkan kepalanya ke Maruf Amin yang duduk di atas kursi.

"Foto langka menurut saya dengan izin Allah. Mana ada met hari raya. Mari bersihkan hati. Apa-apa jadi doa aja, dibawa doa… banyakin baik sangka… ini Presiden ke Wapres loh. Potret langka… dan pengajaran budi pekerti yang baik sekali… bismillaah walhamdulillaah," tulis UYM, dikutip Sabtu, 15 Mei 2021.

Selang beberapa lama, foto tersebut dikomentari oleh pakar telematika Roy Suryo. Tak disangka, Roy mengungkap fakta mengejutkan soal foto tersebut.

Diungkapkan Roy, postingan UYM tidak seutuhnya benar. Narasi atau caption yang dituliskan UYM, kata Roy, adalah tidak benar.

Roy menjelaskan, foto yang dibagikan UYM bukanlah foto saat ini melainkan foto 2 tahun lalu. Kala itu, Maruf Amin belum menjadi wakil presiden, namun merupakan sosok ulama yang dituakan.

"Foto yg baru diunggah hari ini, 14/05/21 14.25 wib & diberi Caption "… ini presiden ke wapres loh …" (?) memang Foto yang Bagus. Namun Captionnya tidak tepat," kata Roy.

"Sebenarnya foto tersebut sudah ada lama & diposting sejak 17/01/19 di Akun IG & dimuat di Media online 21/01/21, sebelum Wapres," lanjutnya.

Foto tersebut merupakan foto ketika Jokowi dan Maruf Amin salat berjamaah sebelum digelarnya debat Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2019 lalu.

Mengetahui fakta yang diungkap Roy Suryo, banyak netizen yang kemudian mengkritik bahkan menghujat UYM.

"Wah makin kacau ini Yusuf Mansur, hoaxnya kentara banget. Lihat aja enggak ada pakai masker gitu dibilang Lebaran sekarang. Antum parah banget tadz kalau menjilat, baru kali ini gue ketemu ustaz kek antum," komentar akun @boruto7324 di akun UYM.

Sadar cuitannya menuai polemik, UYM pun akhirnya memberikan klarifikasi. Ia mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

"Siap salah, salim. Saya WA ya, kemarin kapan itu saya ke Jogja. Kelupaan aja mau WA buat ngupi-ngupi. Makasih ya, semoga saya bisa terus belajar," demikian respons UYM atas kritikan Roy Suryo.

Kepada netizen yang membully-nya, UYM juga meminta maaf. "Siap salah, enggak bilang juga Lebaran. Maafin ta, siap nerima masukan, met mulk kawan-kawan," tulisnya.