Seruan Boikot! Ini 9 Produk Israel yang Beredar di Indonesia

Selasa, 18 Mei 2021 – 00:03 WIB

Boikot produk Israel (Foto: Istimewa)

Boikot produk Israel (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sejumlah negera di dunia secara serentak mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina. Bahkan mereka juka melakukan boikot produk-produk Israel, sebagai bentuk solidaritas.

Nyatanya, di Indonesia juga banyak produk Israel yang sudah beredar di pasaran baik di toko ritel maupun virtual. Dilansir dari berbagai sumber, berikut berikut beberapa produk Israel yang populer di Indonesia.

1. Rummikub

Rummikub merupakan mainan sejenis mahjong asal China. Yaitu permainan berjenis board game yang menggunakan 104 kartu yang bertuliskan angka 1-13 dalam empat jenis warna (tiap warna terdapat dua kartu) dengan dua joker.

Permainan yang populer pertama kali ditemukan oleh seorang Yahudi-Rumania bernama Ephraim Hertzano yang saat ini telah diakui sebagai permainan asal Israel dan yang paling banyak diekspor ke luar negeri.

2. Halilit

Halilit adalah produk mainan anak asal Israel cukup populer di dunia karena memiliki kualitas tinggi, dan biasanya untuk bayi usia baru lahir hingga anak-anak sekolah dasar.

Produk tersebut sering juga ditemui di Indonesia, yaitu berupa instrumen musik seperti drum, tamborin, dan lain-lain.

 

3. ZAG Industries Ltd

ZAG Industries Ltd merupakan produk Israel berupa perlengkapan pertukangan dan rumah tangga. Kini, sebanyak 90 persen ZAG Industries dimiliki oleh Stanley Black & Decker, Inc asal Amerika yang dikenal dengan produk palu.

Di Indonesia, produk buatan ZAG Industries tersebut banyak juga dijual di toko perkakas maupun toko online.

4. Taf Toys

Lalu ada produk perlengkapan bayi asal Israel lainnya yang populer di Indonesia seperti Taf Toys.

Terkenal produk berupa gendongan bayi, sabuk pengaman bayi pada kursi, kereta bayi (stroller), mainan mobil-mobilan bayi, dan lain-lain.

5. Tiny Love

Produk perlengkapan bayi lainnya seperti Tiny Love, yang cukup terkenal di kalangan masyarakat menengah ke atas.

Produk ini dimiliki oleh perusahaan bernama Shilav Group yang memiliki markas di Tel Aviv-Jaffa, Israel.

 

6. Edushape

Edushape merupakan perusahaan yang memproduksi permainan konstruksi bagi anak-anak. Perusahaan tersebut bermarkas dari Rosh Ha'ayin, Israel.

Namun, produk mainan anak yang cukup populer di Indonesia ini diproduksi China.

 

7. Teva Pharmaceutical Industries Ltd & Actavis

Selanjutnya ada produk farmasi, perusahaan yang banyak memproduksi obat generik ini merupakan salah satu perusahaan farmasi global terkemuka, yang mengoperasikan bisnisnya dari Petah Tikva, Israel.

Mereka saat ini mempunyai perwakilan di Indonesia karena pada 2016 lalu telah mengakuisisi PT Actavis Generics.

 

8. Interstar

Interstar merupakan produk mainan anak milik perusahaan TIP Top Toys yang memproduksi mainan jenis building block atau permainan konstruksi, yang diproduksi oleh RAM Quality Products Ltd. di Israel.

9. Keter Plastic Ltd 

Perusahaan produk rumah tangga berbahan plastik/resin tersebut merupakan salah satu perusahaan raksasa asal Israel, yang didirikan pada 1948.

Keter Plastic Ltd atau yang dikenal dengan nama Keter Group juga memasarkan produknya di Indonesia dengan merek Black and Decker yang juga menjual peralatan pertukangan.