5 Senjata Canggih Buatan Israel, Ternyata Indonesia Juga Pakai Loh!

Rabu, 19 Mei 2021 – 21:47 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Gempuran pasukan Israel terhadap Palestina tak terbendung lagi. Dilengkapi dengan persenjataan canggih, Israel menjadi kiblat militer dunia, karena konsep pertahanan mereka jelas, terarah dan maju.

Ternyata, deretan senjata canggih buatan Israel ini juga dipakai di Indonesia. Berikut 5 senjata buatan Israel yang telah REQnews.com himpun dari berbagai sumber: 

1. FN FAL Battle Rifle

Diadopsi pada tahun 1955, senapan-senapan itu dengan cepat digunakan dalam Perang tahun 1956, Perang Enam Hari, Perang Atrisi, dan Perang Yom Kippur 1973.

Terbuat dari baja dan kayu yang mencapai bobot sembilan pound, senapan tersebut dilengkapi dengan magazen berukuran 7,62 mm.

Putaran 7.62mm FAL memiliki rentang yang berguna di lingkungan yang gersang, tetapi senapan panjang empat puluh inci itu tidak cocok untuk penggunaan di dalam atau tempat dekat.

2. Uzi Submachine Gun

Awalnya, Israel memiliki kapasitas industri yang kecil dan banyak negara menolak untuk menjual senjata kepadanya. Karena itu, Israel pun terpaksa memulai industri senjatanya sendiri.

Uziel Gal, seorang Israel keturunan Jerman yang mematenkan senapan mesin baru itu digunakan untuk mempersenjatai Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Disebut sebagai 'Uzi,' itu adalah senapan mesin blowback sederhana dengan tuas cocking berada di atas.

Harga produksi yang murah, Uzi bisa menembakkan amunisi 9 mm dengan kecepatan 600 butir per menit. Selain Israel, Uzi juga diadopsi oleh Jepang, Jerman, Belgia, Peru, Brasil dan pasukan khusus Indonesia.

3. IMI Galil Assault Rifle

Senjata milik Israel selanjutnya ada IMI Galil, senapan serbu yang pertama kali dikeluarkan untuk pasukan pada tahun 1973. Senapan tersebut dirancang untuk menggantikan FN-FAL sebagai senjata standar infanteri Israel.

Galil diperlengkapi untuk putaran 5,56 mm yang lebih ringan. Tidak seperti banyak senapan serbu, Galil datang dari pabrik yang dilengkapi dengan kawat lipat. Pasukan khusus Indonesia juga mempunyai IMI Galil di inventaris senjatanya.

4. Tavor Assault Rifle

Senapan jenis pola bullpup itu, memiliki konfigurasi bullpup yang memungkinkan Tavor menggunakan laras senapan delapan belas inci. Yaitu lebih panjang dari laras M27 Infanteri Senapan Otomatis Marinir AS.

Sebagian besar dibuat dari polimer, Tavor termasuk ringan dengan berat sekitar tujuh pound atau sekitar 3kg. Namun secara internal, senapan masih memiliki beberapa DNA Kalashnikov, menggunakan sistem piston stroke panjang yang sama dengan yang digunakan di AK-47 dan Galil.

5. Senapan Mesin Ringan MAG

Senjata tersebut mengadopsi dari senapan mesin FN MAG Belgia. Senapan mesin yang diberi sabuk ini, dengan bilik 7.62mm, diperkenalkan ke layanan IDF pada pertengahan 1960-an.

Mirip dengan Browning Automatic Rifle Angkatan Darat AS pada Perang Dunia II, MAG memiliki pengecualian sistem amunisi link-fed dan penguncian penerima bawah.