Jangan Lagi Dilakukan! Meremas dan Membuang Struk Belanjaan Ternyata Dampaknya Mengerikan

Jumat, 11 Juni 2021 – 14:31 WIB

Meremas dan membuang struk belanjaan ternyata bisa berdampak mengerikan. (Foto: Istimewa)

Meremas dan membuang struk belanjaan ternyata bisa berdampak mengerikan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sudah jadi hal lumrah rasanya, sehabis belanja di swalayan atau menarik uang di mesin ATM, kita seringkali meremas lantas membuang kertas struk ke tempat sampah.

Namun tahu gak gaes? Ternyata kebiasaan itu bisa berdampak sangat mengerikan. Kok bisa?

Yup, struk terbuat dari kertas thermal yang rupanya sangat berbahaya bagi tubuh. Menurut penelitian, kertas struk mengandung zat kimia beracun BPA dan BPS yang berbahaya.

Kertas struk biasanya dikemas dalam bentuk rol atau dikenal dengan sebutan thermal paper roll. Dilansir dari laman sfchronicle.com, Jumat, 11 Juni 2021, kertas struk dinamakan kertas thermal karena bekerja berdasarkan panas atau thermal yang dikenakan pada bahan kertas tersebut.

Mungkin banyak di antara kalian yang belum mengetahui, Thermal Paper merupakan kertas yang dipenuhi dengan bahan kimiawi yang akan berubah warna ketika dipanaskan.

Saat melakukan transaksi khususnya di mesin ATM pasti akan mendapatkan struk. Setelah melihat datanya kebanyakan orang pasti akan langsung meremasnya.

Namun ternyata meremas struk dari mesin ATM atau struk belanja sama bahayanya dengan menyimpan struk di dompet atau di kantong celana.

Kandungan BPA dan BPS bisa meresap ke lapisan bawah kulit dan masuk ke aliran darah. Menurut Plastic Pollution Coalition, BPA yang ada di kertas struk bisa mengganggu sistem reproduksi pada pria dan wanita.