Ibas Dapat Gelar Doktor, SBY, Memo hingga Hatta Rajasa Ucapkan Kalimat Ini, Awas Baper!

Jumat, 11 Juni 2021 – 13:54 WIB

Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas saat menjalani sidang promosi doktor secara virtual

Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas saat menjalani sidang promosi doktor secara virtual

JAKARTA, REQnews - Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mendapatkan gelar doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan ucapan selamat kepada anak keduanya itu.

Presiden ke-6 RI itu mengaku bangga dengan Ibas yang telah menyelesaikan studi Manajemen Studi di IPB dan menyandang gelar doktor (S3).

"Ibas, sebagai ayah, saya tentu bersyukur, saya bangga. Saya juga mewakili memo (sapaan dekat untuk mendiang Ani Yudhoyono) almarhumah ibunda Ibas yang saya kira juga di dunianya, bersyukur dan bangga," kata SBY dalam sidang yang disaksikan secara virtual melalui channel Youtube Edhie Baskoro Yudhoyono, Kamis 10 Juni 2021.

SBY meminta Ibas untuk terus berpikir dan berkarya untuk Indonesia. Ia juga mengingatkan kepada Ibas bahwa justru hidup adalah universitas yang abadi. Oleh karena itu, SBY meminta Ibas agar tidak merasa puas dengan apa yang sudah diraihnya kini yaitu meraih gelar doktor.

"Teruslah belajar dan terus belajar dari kehidupan kita. Untuk Ibas, sekali lagi selamat, congratulations,"  kata SBY.

Tak sampai di situ, SBY juga menitipkan pesan dan harapan kepada rektor dan segenap civitas akademika. Ia berharap, IPB dapat terus menjaga nama baiknya sebagai universitas unggulan, bahkan menyandang world class university.

"Jaga itu. Teruslah menjadi agent of change. Perubahan ke arah yang lebih baik, dan agent of development," kata alumnus IPB itu.

"IPB bagaimanapun harus ada di barisan paling depan dalam membangun food security. Itu penting. Penduduk dunia makin banyak demikian juga penduduk Indonesia, mari kita pikirkan bagaimana ketahanan pangan yang sama-sama kita perlukan," kata dia.

Selain itu, SBY juga mengatakan agar IPB dapat menjaga mutu pendidikannya, termasuk mutu program pascasarjana.

Menurutnya, program pascasarjana IPB seringkali disebut tak berkompromi dalam standar pendidikan.

"Saya setuju, tidak boleh mengkompromikan standar. Oleh karena itu jaga terus, sehingga lulusannya pun juga bisa dijaga mutu dan standartnya," kata SBY.

"Saya harap, saya mendoakan IPB selalu sukses dalam tugas dan pengabdiannya kepada negara yang sama-sama kita cintai," katanya.

Diketahui, pria yang akrab disapa Ibas itu menjalani sidang promosi doktor dengan membawakan tema disertasi "Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif". 

Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Alumni Dodik Ridho Nurrochmat menyampaikan hasil putusan sidang promosi doktor yang dijalani Ibas.

"Setelah mendengar keterangan dan pertimbangan komisi promosi, atas nama Institut Pertanian Bogor, dengan ini saya mengucapkan selamat kepada Saudara Edhie Baskoro Yudhoyono, atas selesainya program doktor, dengan kebaruan dan keunggulan disertasi saudara, dan tentu saja gelar doktor yang akan saudara raih," kata Dodik dalam sidang yang disaksikan secara virtual melalui channel Youtube Edhie Baskoro Yudhoyono, Kamis 10 Juni 2021.