Yuk Belajar Lagi, Apa Sih Perbedaan Deep Web dan Dark Web?

Kamis, 22 Juli 2021 – 03:00 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Buat kalian yang sudah biasa berselancar di internet, sudah pasti pernah mendengar istilah dark web dan deep web kan?

Belakangan ini, beredar informasi bahwa deep web dan dark web menjadi sebuah sarana transaksi narkoba terselubung tingkat internasional. Dipilihnya kedua jaringan tersebut tentu karena sulit terdeteksi oleh aparat, karena dibutuhkan akses khusus yang tak seperti pada umumnya, atau tak serupa dengan jaringan surface web yang biasa kita gunakan untuk menjelajahi internet.

Baik dark web maupun deep web, sebagian orang menganggapnya sama saja. Namun, keduanya memiliki setidaknya lima perbedaan mendasar, sehingga tak bisa disamakan.

Berikut, ulasan lengkap perbedaan kedua jaringan internet tersebut. Simak baik-baik.

1 Dark web sudah dirancang dengan enkripsi dan sudah sengaja disembunyikan karena biasanya menjadi pusat kegiatan ilegal. Sedangkan deep web, adalah jaringan internet yang tidak terindeks di mesin pencarian.

2. Untuk mengakses dark web, kalian memerlukan Tor Browser dan VPN, sedangkan untuk mengakses deep web, Anda tidak memerlukan browser khusus ataupun VPN.

3. Untuk masalah keamanan, dark web memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dari deep web. Karena untuk mengakses Dark Web, Anda memerlukan tambahan software yang harus Anda install di komputer. Jika Anda tidak berhati–hati, bisa saja komputer Anda menjadi sarang virus.

4. Jumlah dark web tidak sebesar deep web. Dark web hanyalah sebagian kecil dari deep web. Sedangkan deep web merupakan bagian terbesar dari internet dan melebihi surface web.

5. Dark web memiliki konten yang ilegal, kerap menjadi sarana transaksi narkoba, senjata hingga perdagangan orang. Sedangkan deep web memiliki konten yang legal.