Heboh Nasabah Kehilangan Rp 110 Juta di Jenius Bank BTPN, Begini Kronologinya

Kamis, 22 Juli 2021 – 15:15 WIB

Nasabah kehilangan uang Rp 110 juta dari Jenius Bank BTPN. (Foto: Twitter)

Nasabah kehilangan uang Rp 110 juta dari Jenius Bank BTPN. (Foto: Twitter)

JAKARTA, REQNews - Kasus uang nasabah bank mendadak raib kembali terjadi. Kali ini, seorang nasabah Jenius Bank BTPN kehilangan uang Rp 110 juta.

Nasabah bernama Riri itu pun menceritakan kronologi dirinya kena tipu hingga kehilangan uang ratusan juta, melalui akun Twitternya, @theresiaavila.

"Penipuan lebih dari Rp110 juta mengatasnamakan Jenius BTPN," demikian tulisnya, dikutip Kamis, 22 Juli 2021.

Riri mengisahkan, awalnya ia menerima telepon dari seseorang yang mengaku customer service layanan Jenius milik Bank BTPN. Orang itu lantas meminta Riri mengganti kartu debit yang disebut sebagai kebijakan bank secara bertahap kepada seluruh nasabah.

"Terus gue diminta isi linkhttps://bit.ly/Jenius_Connection.... Sambil ngisi link tersebut, CS sambil jelasin 'Nanti limit tarik tunai kartu baru mbak akan dinaikkan ya karena mbak merupakan nasabah dengan transaksi yang aktif [email protected]' (dia tahu transaksi gue aktif?)," tulis Riri.

Namun, Riri mulai curiga ketika yang bersangkutan mengetahui jika dirinya memiliki akun bank lain. Selanjutnya, sang penelepon juga meminta Riri menyebutkan akun bank lainnya, namun dia menolak.

Saat tersadar ada yang aneh, maka Riri segera mengecek akun Jenius miliknya. Sayangnya, ia sudah tidak bisa mengakses akun Jenius miliknya.

"Di momen gue sadar ada yang enggak beres, gue buka aplikasi Jenius gue udah ke log-out dan enggak bisa pas gue coba login lagi, gue telpon CS @JeniusConnect @jeniushelp dan yang gue sayangkan gue harus nunggu sekitar >15 menit, mereka bantu blokir akun gue," jelasnya.

Namun, layanan pelanggan Jenius menyarankan Riri untuk mendatangi kantor cabang BTPN keesokan harinya. Saat itu, ia baru mengetahui bahwa saldo pada akun Jeniusnya hanya tersisa Rp 1 dari sebelumnya kurang lebih Rp 100 ribu.

Ironisnya, penipu tersebut juga membobol seluruh deposito milik Riri, sehingga total uangnya yang raib mencapai Rp110 juta. Sayangnya, Riri tidak mendapatkan pemberitahuan pencairan deposito dari Jenius, yakni Jenius Maxi Saver.

"Dalam waktu

Belakangan, Riri mengetahui bahwa seluruh dananya ditransfer ke akun Jenius dengan nama Afifudin. Karena itu, ia pun segera melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib.

Riri menyayangkan pihak Jenius tidak segera memblokir rekening atas nama Afifudin tersebut. Bahkan menurutnya, pihak Jenius kurang cepat tanggap dalam menindaklanjuti kasus yang dialaminya.

"Gue udah berkali-kali membuat pengaduan lewat telepon ke CS, pengaduan langsung ke Jenius pusat di menara BTPN, dan email [email protected], tapi belum dapat pencerahan atas masalah ini @JeniusConnect," tandasnya.