Segini Tarif Isoman di Hotel untuk Anggota DPR, Bisa Pakai Beli Beras 100 Kilo per Hari

Kamis, 29 Juli 2021 – 03:00 WIB

Gedung MPR-DPR

Gedung MPR-DPR

JAKARTA, REQnews - Fasilitas isolasi mandiri di hotel berbintang yang didapatkan para anggota DPR bila terpapar Covid-19 terus mendapat penolakan keras dari masyarakat. 

Ada dua hotel yang diketahui bakal menjadi tempat isoman para anggota DPR dan stafnya, yakni Hotel Oasis dan Ibis.

Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengatakan, aturan isolasi bagi para anggota tertuang dalam Surat Sekretariat Jenderal DPR RI Nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 tertanggal 26 Juli 2021.

Menurut Indra, isolasi dilakukan di hotel, agar penularan tak terjadi secara masif bila para anggota isoman di kompleks rumah dinas di Kalibata, Jakarta Selatan.

Apapun alasan DPR, tetap saja kebijakan ini ditentang keras, apalagi menggunakan uang negara. Namun, banyak pihak juga penasaran, berapa sih besaran biaya yang dikeluarkan untuk membiayai isolasi para anggota di hotel?

Dari informasi yang dihimpun, harga per malam untuk satu kamar di Hotel Oasis, Senen, Jakarta Pusat, berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1,3 juta.

Dengan angka demikian, Rp 1,3 juta itu dapat dipakai membeli besar sebanyak 100 kilogram bila harganya Rp 13 ribu per kilo. Ini tentu saja dapat membantu meringankan beban hidup rakyat yang tengah susah selama pandemi Covid-19.

Apalagi, bila diasumsikan isolasi hingga 14 hari per anggota untuk satu kamar, maka DPR harus membayar Rp 9,8 juta. Itu baru angka satu anggota, bagaimana bila ada 50 orang yang terpapar dengan waktu isolasi selama dua pekan?

Maka, 14 hari dikalikan dengan Rp 9,8 juta, hasilnya Rp 137.200.000. Bayangkan bila angka demikian dipakai untuk membeli kebutuhan pokok rakyat, maka akan banyak warga terbantu hidupnya.