Keras Nih Ucapan Luhut, Pemimpin Politik Jangan Asal Komentar! Sindir Puan?

Selasa, 03 Agustus 2021 – 12:06 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemimpin politik jangan asal memberikan komentar. Banyak netizen yang bertanya apakah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu menyindir puan?

Pasalnya, belakangan Ketua DPR Puan Maharani sering menjadi pengkritik kebijakan penanganan pandemi COVID. 

Luhut tidak menjelaskan jenis komentar seperti apa yang ia maksud. Namun, Koordinator Penanganan PPKM Darurat Jawa-Bali ini mengatakan akan senang memberikan penjelasan detail kepada masyarakat jika ada komentar yang memiliki basis data.

“Kalau mau komentar silakan, kami sangat senang untuk memberikan penjelasan detail kepada siapa pun di Republik Indonesia. Karena kita memiliki ini semua,” kata Luhut dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin 2 Agustus 2021.

Seolah saling balas, Luhut pun meminta sejumlah pihak tak melontarkan komentar soal penanganan pandemi Covid-19 bila tidak memiliki dasar yang kuat. Dia menyebut pemerintah berupaya keras untuk menghentikan penyebaran virus corona.

 
“Saya minta bangsa ini, pun pemimpin-pemimpin kita dalam bidang politik, semua, tolong tidak berkomentar kalau komentarnya belum jelas,” ucap Luhut. 

 

Luhut mengimbuhkan, pemerintah terus bersama-sama untuk menangani pandemi di dalam negeri. Dia memastikan penyelesaian kasus Covid-19 bukan hanya pekerjaan milik satu atau dua orang, namun tugas beramai-ramai atas arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Saya senang Pak Presiden memberikan arahan jelas sehingga kami bisa bekerja dengan tuntas dan lugas untuk menyelesaikan masalah yang betul-betul kompleks,” ujar Luhut. 


Lebih lanjut, Luhut berharap masyarakat kompak dan bersatu dalam upaya menangani pagebluk yang telah berlangsung selama lebih-kurang 1,5 tahun. Dia menyatakan belum ada satu negara pun yang mengklaim bisa kebal terhadap virus corona, khususnya setelah varian delta menyebar.

Dia mencontohkan Amerika Serikat yang sebelumnya sudah optimistis bisa menangani pandemi. Lantaran adanya virus corona varian baru, negara tersebut kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19.