IFBC Banner

Aturan Baru, Pelat Kendaraan Anda Bakal Berubah Warna, Ini Fungsinya

Jumat, 13 Agustus 2021 – 11:12 WIB

Plat kendaraan bermotor (Foto: Istimewa)

Plat kendaraan bermotor (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kepolisian Republik Indonesia resmi mengubah peraturan warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan yang akan diterapkan mulai tahun depan. Salah satunya perubahan dari latarnya dari hitam menjadi putih, begitu pun sebaliknya dengan warna tulisannya.

Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin mengatakan bahwa perubahan warna tersebut untuk memudahkan pemantauan melalui kamera CCTV. Karena saat ini pihak kepolisian telah menerapkan sistem tilang elektronik (ETLE) menggunakan kamera CCTV.

"Sifat kamera (CCTV) itu menangkap warna hitam, kalau warna dasarnya hitam dan tulisannya putih maka pengidentifikasiannya agak masalah," kata Taslim saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa 10 Agustus 2021 lalu.

Menurutnya, penggunaan warna sebelumnya ada beberapa huruf atau angka yang tak terbaca oleh kamera CCTV. "Jadi, ketika warna dasar putih dan tulisan hitam maka angka atau hurufnya akan terbaca secara langsung," kata dia.

Pergantian warna tersebut juga untuk membantu kamera pengawas untuk menangkap bukti pendukung tindak kriminal, kecelakaan, dan kejahatan di lalu lintas.

Ia menyebut bahwa penerapan tersebut mencontoh dari negara maju yang telah menerapkan. "Kita mencontoh negara-negara yang sudah lebih dulu menggunakan ETLE atau kamera CCTV sebagai pengawasan operasionalisasi lalu lintas," ujarnya.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo pun telah menandatangani Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Meski sejak 5 Mei 2021 perubahan warna plat nomor kendaraan sudah berlaku, namun penerapannya akan dilakukan mulai tahun depan.

Ketentuan warna baru pelat nomor kendaraan yang telah ditetapkan dalam Pasal 45 Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021.

- Putih tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional
- Kuning tulisan hitam untuk kendaraan umum
- Merah tulisan putih untuk kendaraan instansi pemerintah
- Hijau tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk