IFBC Banner

Mengenal KRI Golok, Kapal Siluman Baru Buatan Dalam Negeri Asli Banyuwangi

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 17:00 WIB

KRI Golok siap jadi alat tempur baru TNI AL

KRI Golok siap jadi alat tempur baru TNI AL

JAKARTA, REQnews - TNI Angkatan Laut (AL) kembali menambah alutsistanya dengan meresmikan KRI Golok 688 yang diproduksi di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margoni meluncurkan kapal tersebut di PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi pada Sabtu 21 Agustus 2021.

 

“Ini baru tahapan penamaan dan peluncuran dari galangan kapal ke laut. Kapal ini nantinya akan masuk ke jajaran TNI AL,” kata Yudo.

Disebutkan bahwa teknologi yang terdapat pada kapal perang ini adalah bahan komposit serat karbon, yang membuatnya sulit terdeteksi musuh. Itulah kenapa KRI Golok dijuluki sebagai kapal siluman.

Selain itu, KRI Golok adalah kapal trimaran yang berdesain khusus. Sengaja dibentuk lancip agar mudah untuk melaju cepat.

“KRI Golok merupakan jenis kapal cepat rudal memiliki kecepatan yang tinggi dan nanti akan dilengkapi persenjataan dan rudal. Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run,” ujar KSAL Yudo.

Selanjutnya kapal ini akan dilakukan uji coba hard and shut untuk penyempurnaan, sebelum diserahkan kepada TNI AL.

“Kapal ini baru 93 persen. Setelah ini, kita lakukan hard and shut, nanti setelah dinyatakan sempurna 100 persen baru deliver. Bulan Oktober ini finish, nanti diserahkan ke AL,” kata Yudo.