Sosok Ustaz Sofyan Chalid yang Sebut Berwisata ke Borobudur Haram, Alasannya Bikin Geleng-geleng!

Selasa, 14 September 2021 – 16:01 WIB

Sosok Ustaz Sofyan Chalid yang sebut wisata ke Candi Borobudur haram. (Foto: Youtube)

Sosok Ustaz Sofyan Chalid yang sebut wisata ke Candi Borobudur haram. (Foto: Youtube)

JAKARTA, REQnews - Video ceramah seorang ustaz bernama Sofyan Chalid mendadak viral dan menuai kontroversi. Ini lantaran dalam ceramahnya, ustaz tersebut menyebut jika berwisata ke Candi Borobudur itu haram.

Menurut Ustaz Sofyan, datang ke Candi Borobudur sama saja menyetujui ibadah yang dilakukan oleh penganut agama di lokasi tersebut.

"Apa hukumnya berwisata ke tempat ibadah orang kafir contohnya Candi Borobudur? Hukumnya haram, karena itu termasuk persetujuan terhadap peribadahan mereka makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama orang yang menghina agama. Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka kamu seperti mereka," kata Ustaz Sofyan dalam video ceramahnya yang viral, dikutip Selasa, 14 September 2021.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut ternyata merupakan video lama yang diunggah 3 tahun silam, tepatnya 3 September 2018. Namun baru-baru ini video itu kembali viral dan menghebohkan jagat maya.

"HARAM hukumnya berwisata ke CANDI BOROBUDUR - Ustadz Sofyan Chalid Ruray," begitu judul video yang diunggah di kanal Youtube Bismillah Everything itu.

Ustaz Sofyan pun menjelaskan alasan kenapa dia mengatakan berwisata ke Candi Borobudur haram. Diungkapkannya, datangnya umat Islam ke candi adalah bentuk persetujuan terhadap agama orang kafir, meskipun dalam hati menolak hal tersebut.

Umat Islam, kata dia, boleh datang ke Candi Borobudur jika tujuannya untuk membubarkan orang yang beribadah di sana.

"Hadirnya kita di situ artinya persetujuan terhadap dia, kalau kita hadir di tempat peribadahan orang kafir sama saja berarti setuju dengan mereka walaupun hati kita nggak setuju tapi kehadiran kita adalah persetujuan itu sendiri. Kita nggak boleh hadir ke situ kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah," tandasnya.

Sontak video tersebut langsung menuai kritikan dari para netizen. Ceramah Ustaz Sofyan dinilai berpotensi memunculkan intoleransi beragama dan perpecahan.

"Harus bisa membedakan mana kepentingan ibadah, mana kepentingan sejarah," komentar akun Satrio Gendeng.

"Aku orang Magelang, agamaku Islam, depan rumahku Masjid, sholat jamaah juga ikut sekalian ngaji ba'da magrib,,, klo siang aku momong anak main ke candi Mendut bahkan terkadang masuk vihara untuk sekedar lihat-lihat patung... penjaga vihara juga ramah... karena jarak rumah ke candi juga dekat... berarti menurut anda saya diharamkan alias dosa ya??? Hehehehe Dakwah anda ini tidak mencerminkan keindahan dan toleransi,,, klo anda dakwah di kampung saya, saya jamin dakwah anda seperti ini bukannya didengar tapi malah dijauhin orang-orang meskipun kampungku agama islam semua..... bapak saya dulu kerja di candi Borobudur jualan makanan, apakah rejeki haram? ,,, apakah perkataan anda satu pemahaman dengan firman Allah? Hati-hati kalo berdakwah, bisa bisa dakwah anda yang salah jebloskan anda ke neraka... segala perkara yang mengadili haq dan bathil hanya Tuhan bukan anda...," kata akun fat rohman.