Cobain Deh, Bahan Makanan Ini Dipercaya Bisa Menangkal Virus Corona

Kamis, 16 September 2021 – 03:03 WIB

Dokumen istimewa

Dokumen istimewa

JAKARTA, REQnews - Hingga saat ini, pandemi virus corona atau Covid-19, belum menunjukkan gejala akan berakhir. Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tentu menjadi hal yang sangat penting agar tak mudah terpapar Covid-19.

Selain itu, asupan makanan juga menjadi faktor penting dalam menangkal virus yang berasal dari China ini. Terkait hal itu, sejumlah makanan tersebut dipercaya mengandung bahan-bahan alami yang berkhasiat meningkatkan imunitas serta kaya akan antioksidan yang bisa melawan perkembangan virus di dalam tubuh.

Lalu, apa saja bahan-bahan makanan alami yang dapat menangkal virus corona berdasarkan penelitian terbaru? Simak penjelasan berikut:

Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang banyak manfaat. Tanaman herbal yang satu ini memang mengandung sejumlah zat berkhasiat yang bisa menguatkan sistem imunitas. Selain itu, jahe yang dikonsumsi juga dapat menurunkan tingkat kolesterol, memiliki efek antioksidan tinggi, hingga meradakan peradangan di dalam tubuh. Salah satu kandungan aktif yang membuat khasiat jahe begitu besar adalah curcumin. Zat ini juga bisa ditemukan dalam beberapa tanaman sejenis, seperti temulawak atau kunyit.

Telur

Bagi sebagian orang, telur merupakan salah satu bahan makanan utama yang kerap ditemui setiap hari. Telur mengandung protein yang berfungsi membentuk sel antibodi untuk melawan infeksi bakteri dan virus, serta membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat peradangan. Hingga saat ini, belum ada penelitian khusus yang menyebutkan bahwa telur berperan aktif sebagai penangkal corona. Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi bahan makanan ini secara rutin agar kebutuhan protein harianmu tetap terjaga.

Brokoli

Disebut-sebut sebagai superfood yang bernutrisi, brokoli juga bisa menjadi solusi dalam menangkal virus-virus berbahaya, tak terkecuali virus corona. Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi. Akan tetapi, kandungan andalannya adalah zat phytochemicals dan antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dengan menguatkan sistem imun. Agar bisa mendapatkan manfaat dari brokoli secara lebih optimal, kamu harus mengonsumsinya dalam kondisi tidak terlalu matang. Dengan begitu, kandungan berkhasiat yang terdapat dalam sayuran ini bisa tetap bertahan begitu masuk ke dalam sistem pencernaan.

Bawang Putih

Bumbu dapur dengan aroma yang kuat ini juga dapat diandalkan sebagai bahan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan makanan ini dipercaya memiliki manfaat antivirus dan antibakteri yang efektif melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Bawang putih juga memiliki kandungan alami bernama aliicin yang cukup ampuh meredakan gejala pilek. Senyawa ini berperan aktif dalam mengobati sejumlah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Madu

Bahan makanan alami lain yang bisa dijadikan obat penangkal corona alternatif adalah madu. Madu diperkaya oleh vitamin dan mineral yang tidak hanya menguatkan imunitas, tetapi juga memberikan energi bagi tubuh. Untuk mengonsumsi madu bisa dengan mencampurkannya pada teh hangat setiap pagi. Selain itu, madu juga bisa dicampurkan dengan jeruk nipis untuk meredakan gejala awal penyakit saluran pernapasan, seperti batuk dan pilek.

Sayuran Berdaun Hijau

Memperbanyak makan sayur dapat menghindarkanmu dari risiko terkena beragam penyakit, apalagi jika sayuran tersebut dikonsumsi secara rutin. Dalam hal menangkal corona, jenis sayuran berdaun hijau dianggap lebih utama karena kandungan beta karoten yang dimilikinya berfungsi sebagai antioksidan. Bayam dan kale adalah beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Teh Hijau

Jika memiliki kebiasaan minum kopi atau teh, coba ganti kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dipercaya dapat menghasilkan antioksidan sekaligus meningkatkan imun tubuh saat dikonsumsi secara rutin. Selain itu teh hijau juga memiliki kandungan L-theanine yang dapat membantu produksi Sel T dalam tubuh, yang berfungsi untuk melawan kuman. Meminum teh ini pun bisa menjadi cara alternatif dalam menangkal virus corona.