Mengenal 3 Dampak Terburuk Nikah Siri, Anak Bisa Jadi Korban Utama

Kamis, 07 Oktober 2021 – 01:00 WIB

Ilustrasi pernikahan

Ilustrasi pernikahan

JAKARTA, REQnews - Masalah pernikahan siri atau istilah lainnya nikah di bawah tangan kembali menjadi perbincangan hangat publik.

Hal ini dipicu pengakuan dua artis, Rizky Billar dan Lesti Kejora yang menyatakan bahwa mereka sebenarnya sudah nikah siri sejak awal 2021, meskipun akhirnya menikah secara resmi diakui negara belum lama ini.

Namun, perlu kamu tahu, bahwa nikah siri tak membawa banyak dampak positif dalam kehidupan. Masalah demi masalah akan mengampiri pasangan yang melakukan pernikahan jenis ini.

Di antara berbagai banyak dampak buruknya, ada tiga yang paling parah, sampai dapat mengorbankan anak lho! Berikut penjelasannya.

1. Lemah di Hadapan Hukum

Nikah siri jelas tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA), dan pastinya juga tak diakui negara. Jadi, ketika kamu bermasalah dengan hukum, status jadi tak kuat karena tidak ada bukti tertulis bahwa kamu dan pasanganmu telah resmi jadi suami-istri.

2. Status Anak Tak Jelas

Mereka yang menikah secara resmi dan diakui negara, akan mudah mengurus akta kelahiran anaknya. Namun, tidak bagi pasangan siri. Mengurus dokumen terkait anak akan menyulitkan, bahkan sampai memaksa pasangan menikah sesuai aturan negara. Bayangkan, bila anak pun sampai ikut tak diakui negara, pasti sangat menyedihkan.

3. Masalah Warisan

Kasus ini biasanya terjadi pada seorang lelaki yang memiliki dua istri, dari dua jenis pernikahan yang berbeda, yakni resmi secara negara dan siri. Anak dari hasil perniakahan resmi akan mudah mendapatkan atau menuntut hak waris. Tapi, bagaimana dengan yang merupakan hasil nikah siri, jelas akan kesulitan. Hukum tak akan memayunginya, karena secara legalitas pernikahan orang tuanya tak diakui negara, anak pun ikut terdampak.