Corona Belum Usai, Kini Muncul Lagi Virus Yezo yang Bikin Ketar-ketir! Penderitanya Bisa Alami Ini

Kamis, 07 Oktober 2021 – 19:01 WIB

Virus baru bernama Yezo ditemukan oleh para peneliti di Jepang. (Foto: Ilustrasi)

Virus baru bernama Yezo ditemukan oleh para peneliti di Jepang. (Foto: Ilustrasi)

JEPANG, REQnews - Pandemi Covid-19 masih meresahkan penduduk di berbagai belahan dunia, namun sudah ada lagi temuan virus baru yang membuat para peneliti ketar-ketir.

Para peneliti di Jepang mengungkapkan adanya temuan virus baru bernama Yezo. Virus ini disebut bisa menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit.

Mereka menyebut bahwa virus ini awalnya berasal dari gigitan kutu yang menyebabkan sejumlah gejala seperti demam hingga penurunan trombosit dan sel darah putih.

Virus ini pertama kali terdeteksi pada seorang pria berusia 41 tahun. Dia awalnya dirawat di rumah sakit pada 2019 lalu karena keluhan demam dan nyeri kaki usai digigit kutu saat berjalan di hutan Hokkaido.

Dua minggu dirawat, pasien tersebut kemudian dipulangkan. Alasan mengapa ia dipulangkan karena mendapati hasil yang negatif untuk semua virus tick-borne yang diketahui pada saat itu.

Namun, pada tahun berikutnya, pasien lain dirawat dengan gejala serupa usai digigit kutu. Karena kasus tersebut, para peneliti di Universitas Hokkaido, termasuk ahli virologi di Institut Internasional untuk Pengendalian Zoonosis Universitas Keita Matsuno, melakukan analisis genetik pada sampel darah dari dua pasien dan menemukan nairovirus baru.

Kategori virus ini dinamai "Virus Domba Nairobi" dan termasuk virus demam berdarah Krimea-Kongo, keduanya juga ditularkan melalui gigitan kutu.

Saat terjangkit virus Yezo, para penderitanya akan mengalami demam tinggi dan penurunan trombosit serta sel darah putih. Dalam beberapa kasus yang parah, penderitanya bisa mengalami gangguan fungsi hati.