IFBC Banner

Gak Cuma ATM, Nih Kumpulan Aksi Damkar Mulai Selamatkan Kucing, Cincin hingga Evakuasi Sarang Tawon

Minggu, 10 Oktober 2021 – 22:54 WIB

Ilustrasi pemadam kebakaran (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pemadam kebakaran (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sudah menjadi rahasia umum jika petugas pemadam kebakaran (damkar) seringkali diminta bantuan masyarakat untuk evakuasi. Tidak hanya evakuasi kartu ATM di gorong-gorong, aksi penyelamatan kucing hingga menyelamatkan lima orang yang terjebak dalam Lift juga dilakukan.

Berikut kumpulan aksi damkar yang patut diacungi jempol:

1. Evakuasi kartu ATM

Baru-baru ini viral di media sosial permintaan seorang warga kepada damkar Jakarta Timur untuk mengevakuasi kartu ATM yang jatuh di gorong-gorong Matraman pada Jumat 8 Oktober 2021. Tak menolak, petugas damkar pun menerima permintaan itu dan melakukan evakuasi kartu ATM dengan sejumlah alat.

Momen evakuasi kartu ATM itu juga diunggah ke akun Instagram. Dengan anggota enam orang, ada yang mengerahkan alat dan ada yang terjun ke gorong-gorong untuk mengambil kartu ATM.

 

2. Evakuasi kucing

Tak hanya ATM, petugas damkar DKI Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat juga pernah menyelamatkan kucing milik seorang perempuan yang terjebak di tembok Senin 19 April 2021.


Dari keterangan humasjakfire, pemilik kucing melaporkan berita pada pukul 21.00 WIB. Laporan ini tentu langsung direspons cepat oleh anggota Damkar DKI dengan mengerahkan 1 unit light rescue dan 3 orang personel. Dalam waktu kurang dari 10 menit kucing tersebut berhasil dievakuasi.

3. Evakuasi sarang tawon

Petugas damkar Jaksel pernah menerima permintaan untuk evakuasi sarang tawon. Sarang tawon vespa tersebut dievakuasi dari salah satu ruko di wilayah Pasar Minggu Jaksel. 

4. Evakuasi balita dalam lift

Aksi heroik penyelamatan lima orang dalam lift di Gedung Rabbani di Jalan Pemuda, Jakarta oleh petugas damkar mencuri perhatian warganet. 

Dari kelima orang yang terjebak dalam lift, ada balita 4 bulan yang berhasil dievakuasi petugas damkar.

 

Petugas Damkar DKI menerima laporan pukul 17.35 WIB, lalu langsung menuju ke TKP untuk melakukan evakuasi.


Evakuasi dimulai pukul 17.48 WIB dan petugas berhasil mengeluarkan semua korban sampai dengan penanganan selesai pukul 18.02 WIB.

"Alhamdulillah keseluruhan korban bisa diselamatkan," kata admin di Instagram @humasjakfire.

5. Evakuasi cincin di jemari lansia


Petugas damkar juga pernah menerima permintaan tak wajar yakni mengevakuasi cincin dari jari Syamsudin (74) pada Kamis 23 September 2019.

Cincin batu akik yang mengakibatkan jari manisnya bengkak dan luka berhasil dievakuasi personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

 


Satu unit mobil light rescue berikut lima personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dikerahkan ke lokasi guna mengevakuasi cincin.

"Evakuasi dilakukan dengan cara memotong cincin menggunakan gerinda kecil hingga cincin lepas.