Musibah Membawa Berkah! Tertimpa Pohon Pisang, Pekerja Gugat Majikannya Lalu Dapat Kompensasi Rp 7 M

Rabu, 13 Oktober 2021 – 11:30 WIB

Seorang pekerja memenangkan gugatan Rp 7 M gegara perkara tertimpa pohon pisang. (Foto: Cairns Post)

Seorang pekerja memenangkan gugatan Rp 7 M gegara perkara tertimpa pohon pisang. (Foto: Cairns Post)

QUEENSLAND, REQnews - Ungkapan 'musibah membawa berkah' rasanya cocok untuk menggambarkan kisah seorang pekerja di Australia ini.

Berawal saat sebuah kecelakaan kerja menimpanya. Pria yang bekerja di perkebunan pisang di Queensland, Australia itu jatuh dan tertimpa pohon pisang.

Dia pun mengalami luka dan cedera parah akibat insiden tersebut. Pria bernama Jaime Longbottom itu kemudian memutuskan untuk menggugat majikannya akibat kecelakaan kerja yang terjadi.

Tak disangka, Jaime memenangkan gugatan dan akhirnya mendapat kompensasi senilai 502.704 dollar atau sekitar Rp 7,1 miliar.

Mahkamah Agung Queensland menyatakan, Jaime akan mendapatkan kompensasi itu setelah 5 tahun melewati masa penyembuhan.

Dilansir dari Cairns Post, Kamis, 13 Oktober 2021, Jaime bekerja sebagai buruh yang tugasnya memetik pisang dari pohon. Pada Juni 2016, saat bekerja di L&R Collins Farm, dia terjatuh dari pohon bersama dengan seikat besar pisang.

Pohon pisang berukuran besar juga menimpanya hingga menyebabkan cedera serius.

Menurut Jaime, perusahaan tempatnya bekerja telah lalai karena gagal melatihnya secara memadai tentang cara menangani pengumpulan pisang dari pohon yang berukuran besar.

"Pohonnya luar biasa tinggi dan pisangnya luar biasa tinggi. Tuan Longbottom menangkap tandan dan pohon di bahu kanannya dan terjatuh ke tanah, jatuh di sisi kanannya," kata hakim Catherine Holmes.

"Jamie telah jatuh dengan 70 kg pisang dan dia tidak dapat melakukan pekerjaan fisik apa pun setelah kecelakaan itu. Dia tidak dilatih dengan baik oleh perusahaan. Jika perusahaan telah memberikan pelatihan yang tepat, kecelakaan itu bisa dicegah. Perusahaan akan membayar sejumlah 502.740 dollar sebagai kompensasi kepada Jaime," demikian putusan hakim.