Pelaku Kasus Subang Belum Juga Terungkap, Pakar Hukum Beberkan Kesalahan Fatal Polisi

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 04:10 WIB

Pakar hukum beberkan kesalahan fatal polisi dalam kasus Subang. (Foto: Istimewa)

Pakar hukum beberkan kesalahan fatal polisi dalam kasus Subang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kasus pembunuhan ibu-anak di Subang masih terus jadi sorotan dan membuat publik penasaran. Pasalnya, hingga kini polisi belum juga berhasil mengungkap sang pelaku.

Menyoroti kasus tersebut, pakar hukum Heri Gunawan ikut angkat bicara. Menurut Heri ada kesalahan fatal yang telah dilakukan polisi ketika mencoba mengungkap kasus Subang, yakni aparat terlalu terburu-buru mendefinisikan kasus.

Dia juga mengatakan ada yang keliru dalam proses penyelidikan. Kekeliruan fatal yang dimaksud adalah polisi terlalu tebruru-buru menyebut jika pelaku adalah orang dekat.

"Kalau saya lihat gini, kasus ini polisi terlalu terburu-buru menyatakan (pelaku) orang dekat. Ada sesuatu yang mis tidak ditemukan oleh polisi," kata Heri, dikutip Sabtu, 16 Oktober 2021.

Menurut Heri, hal itu justru menjadi bumerang bagi polisi sehingga sulit membuktikan pelakunya hingga kini.

"Ada yang mis dari perkiraan awal, penyidik yang tahu soal mis itu. Analisa dibukti apa itu masalah alibi. Alibi kan kuat itu saya menduga ada sesuatu yang ternyata di luar dugaan," lanjut Heri.

"Karena itu dari awal statement-nya orang dekat, tidak akan terlalu lama. (Tapi) digali lagi tidak ada yang cocok sehingga Polisi harus mencari lagi, Polisi semakin menjadi engak jelas makin kabur," tambahnya Heri.

Lebih lanjut, Heri Gunawan khawatir karena adanya asumsi bahwa pelaku adalah orang dekat korban, nantinya penetapan tersangka kasus Subang terkesan dipaksakan.

Karena itu, dia mendorong kepolisian agar berhati-hati dan benar-benar melakukan pendalaman hingga ditemukan tersangka sesungguhnya.

"Yang saya khawatirkan ini perkara publik dan ini sebagian orang menduga pelaku orang dekat, di perkara ini takutnya dipaksakan," tandasnya.