Viral Penjelasan JK Soal Banyak Umat Islam Miskin Sedangkan Non Muslim Kaya Raya, Ternyata karena...

Kamis, 21 Oktober 2021 – 16:30 WIB

Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla alias JK mendadak jadi sorotan usai videonya viral baru-baru ini.

Dalam video viral yang diunggah di kanal Youtube Masjid Istiqlal TV, JK memberi pemaparan soal kondisi mayoritas umat Islam di Indonesia yang miskin, sedangkan non Muslim justru sebaliknya, kaya raya.

Bahkan menurut JK, dari 10 orang kaya di Indonesia, hanya satu yang beragama Islam. Katanya lagi, dari 100 orang miskin, setidaknya 90 persen di antaranya beragama Islam.

JK lantas menjelaskan bahwa kondisi ini merupakan dampak dari ekonomi kerakyatan yang tidak berkembang. Yang mana, kata JK, masalah tersebut merupakan satu-satunya kelemahan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, JK menilai bahwa pemerintah harus mampu memajukan perekonomian nasional dengan tidak menutup diri dari keberadaan mesin ekonomi berupa hukum syariah.

Jusuf Kalla sendiri telah berulang kali mengingatkan kita untuk tidak memaknai ilmu ekonomi syariah secara sempit.

"Sama dengan pusat industri halal, semuanya halal. Mau industri minum, baju, tekstil, industri mesin semua syariah," kata JK, dikutip Kamis, 21 Oktober 2021.

"Jangan tutupi ekonomi ini dengan keterbatasan karena semua syariah," lanjutnya.

Dalam video itu, JK lantas mengutip doa sapu sejagat memohon kebaikan di dunia dan akhirat. Jusuf Kalla menjelaskan bahwa kebaikan akhirat dapat diperoleh jika mendapatkan kebaikan dunia.

Sementara itu, untuk mendapatkan kebaikan dunia, ada konsep masjid sejahtera, yaitu orang yang membangun masjid, menjalankan masjid, dan menghidupkan masjid. Ketiga hal tersebut disebut saling berkaitan antara satu sama lain.