Viral! Awasi Tes CPNS, Kemenkumham Turunkan Pasukan Squid Game

Kamis, 21 Oktober 2021 – 15:46 WIB

Petugas Kanwil Kemenkumham Jatim yang mengawasi SKD CPNS cosplay pink soldier di Squid Game (Foto: Arsip Kemenkumham Jatim)

Petugas Kanwil Kemenkumham Jatim yang mengawasi SKD CPNS cosplay pink soldier di Squid Game (Foto: Arsip Kemenkumham Jatim)

JAKARTA, REQnews - Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Surabaya dibuat gempar dengan kehadiran pasukan Squid Game. Ternyata, mereka adalah petugas Kanwil Kemenkumham Jatim yang cosplay jadi pink soldier di Squid Game.

Mereka terlihat mengenakan kostum berwarna pink dan topeng bersimbol persegi, bulat serta segitiga lengkap dengan senjata laras panjang.

Melihat hal itu, pengguna akun Twitter dibuat heran dan menganggap aksi petugas tersebut norak.

 
"Norak! Beneran norak!" "Buat apaan ditodong senapan kaya gitu? Walaupun cuma mainan. Gue nangkepnye Kemenkumham lagi cosplay jadi penjahat,". cuit pemilik akun Twitter @LordCondet seperti dikutip REQnews.com, Kamis 21 Oktober 2021.

Suasana ala Squid Game, sudah terasa sejak para peserta Sesi II hari ke-12 berada di halaman Gedung Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Adegan diawali dengan sirene berbunyi. Dari dalam gedung kemudian muncul lima pink soldier.

 
Backsound mencekam juga turut mengiringi saat pink soldier menghampiri para peserta. 

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono, pihaknya memang ingin menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS kali ini.


"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," kata Krismono, Rabu 20 Oktober 2021.

Kata dia, Squid Game dipilih karena ada kemiripan antara serial asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS. Karena, lanjut Krismono, peserta harus melewati berbagai rintangan dalam permainan. Orang yang bertahan sampai akhir berhak mendapat hadiah.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," ucapnya.

"Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," katanya lagi.