Pabrik Sawit Milik Crazy Rich Kalimantan Diresmikan Presiden Jokowi, Ternyata Dulunya Eks Timses

Jumat, 22 Oktober 2021 – 01:15 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya milik Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam. Seperti diketahui Haji Isam dulunya adalah tim sukses (timses) Jokowi dalam Pilpres 2020.

Haji Isam juga dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Kampanye Tim Jokowi - Amin dalam Pilpres 2020.


Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi langkah Jhonlin Group. Ia mengatakan Indonesia tidak boleh hanya menjadi eksportir kelapa sawit mentah.

"Hilirasi, industrialisasi, harus dilakukan dan harus kita paksa untuk dilakukan. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh PT Jhonlin Group membangun pabrik biodiesel," ucap Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 21 Oktober 2021.


Kata Jokowi, potensi kelapa sawit Indonesia begitu besar. Menurutnya, Indonesia mampu memproduksi 52 juta ton minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan harus ada pengolahan CPO secara massal. Ia berharap langkah perusahaan Haji Isam itu ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain.

"Kita berharap juga nantinya ada perusahaan-perusahaan yang lain yang mulai menghilirisasikan, mengindustrialisasikan CPO, baik menjadi minyak goreng, baik menjadi kosmetik, atau menjadi barang setengah jadi, atau barang jadi lainnya," ujar Jokowi. 

Jokowi juga mengungkapkan alasan dirinya hadir ke pabrik yang dibangun dengan investasi Rp 2 triliun tersebut karena potensi dari pabrik biodiesel tersebut akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak, khususnya setelah mulai beroperasi pada Oktober 2021.

"Kenapa saya mau datang ke sini, alasan besarnya adalah perusahaan PT Jhonlin mampu membuka lapangan pekerjaan yang banyak," katanya.

Untuk diketahui, dalam peresmian pabrik Biodiesel hari ini, Haji Isam duduk di barisan tamu kehormatan, di samping Presiden Jokowi. Bahkan, namanya turut disebutkan saat Jokowi menyampaikan sambutan.

 

Haji Isam ikut hadir dalam kesempatan itu. Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga hadir dalam kapasitas sebagai Komisaris PT Jhonlin Agro Raya.

Siapa yang tidak mengenal Hali Isam. Ia dikenal sebagai 'crazy rich Kalimantan'. Bisnis yang dibangunnya menjamur mulai dari sektor pertambangan, sawit, hingga transportasi.

Terbaru, Haji Isam sempat mendapat sorotan karena PT Jhonlin Group terseret kasus suap pajak terhadap Direktorat Pajak Kementerian Keuangan. Dalam kasus itu, eks pejabat Kemenkeu Angin Prayitno didakwa menerima total Rp 57 miliar dari sejumlah perusahaan demi memanipulasi jumlah pajak, termasuk Jhonlin Baratama.

Dalam persidangan, saksi menyebut Haji Isam sebagai orang yang mengatur pengondisian nilai pajak PT Jhonlin Baratama.

Namun, Isam tidak terima dengan pernyataan itu dan melapor ke kepolisian.