#JusticeForCanon Menggema! Netizen Kecam Aksi Aparat Aceh Siksa Anjing Sampai Mati Demi Wisata Halal

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 12:20 WIB

Video aparat Aceh siksa anjing sampai mati viral dan menuai kecaman netizen. (Foto: Instagram/JAAN)

Video aparat Aceh siksa anjing sampai mati viral dan menuai kecaman netizen. (Foto: Instagram/JAAN)

JAKARTA, REQnews - Sebuah video yang merekam aksi brutal aparat melakukan pengusiran dan penyiksaan terhadap anjing mendadak viral dan menuai kecaman netizen.

Peristiwa dalam video dilaporkan terjadi di Pulau Banyak, Aceh. Menurut informasi, aparat melakukan pengusiran dan penyiksaan terhadap anjing diduga demi "menertibkan" kawasan wisata halal.

Video tersebut awalnya dibagikan oleh akun Twitter @gregorius hingga akhirnya viral dan banyak dibagikan ulang oleh netizen lain.

"Inilah yang akan terjadi di kawasan wisata halal! Awalnya hewan, lama-lama orangpun akan di usir paksa! Awalnya cuma kawasan, lama-lama jadi NKRI bersyariah! *kronologis di post selanjutnya," tulis akun tersebut, dikutip Sabtu, 23 Oktober 2021.

Dalam video yang viral itu, terlihat sejumlah aparat keamanan dan warga berkerumun mengelilingi seekor anjing hitam. Mereka berupaya menangkap paksa si anjing.

Leher anjing malang tersebut diikat dengan tali ke tanah. Seorang oknum petugas kemudian terlihat mengambil kayu panjang untuk melepaskan tali anjing tersebut.

Aksi aparat itu sontak membuat anjing itu panik dan bertingkah agresif. Bukannya mencoba cara lain yang lebih "halus" untuk menenangkan si anjing, aparat malah mendorong kayu ke arah tubuh hewan tersebut hingga luka.

"Pak tua itu kok bisa-bisanya mau bikin kawasan begini di negeri Pancasila, yang tidak pernah kesulitan mendapatkan apapun yang halal, walaupun tanpa embel-embel kawasan halal?" lanjut akun pengunggah video.

Belakangan diketahui, anjing malang itu merupakan milik pengelola homestay dan restoran di lokasi wisata Pulau Banyak, Aceh. Anjing itu rencananya diambil paksa aparat dalam rangka penerapan wisata halal.

Sang pemilik sudah berupaya mengambil kembali anjing peliharaannya yang diketahui bernama Canon itu. Namun sayang, anjing tersebut sudah mati saat akan dijemput.

Aksi brutal aparat yang menyebabkan matinya anjing bernama Canon itu tak pelak menuai kecaman dari para netizen. Bahkan tagar #JusticeForCanon kini menggema di jagat maya sebagai wujud protes atas aksi penyiksaan yang dilakukan oknum aparat.