Bukan Lagi Amerika, Sekarang Inilah Negara Paling Kaya di Dunia!

Jumat, 19 November 2021 – 12:01 WIB

Ilustrasi negara terkaya di dunia

Ilustrasi negara terkaya di dunia

JAKARTA, REQnews - Dijuluki sebagai negara super power, selama ini Amerika Serikat "merajai" segala sektor di dunia. Termasuk sektor ekonomi.

Bahkan, mata uang dolar AS pun dijadikan acuan atau barometer keuangan dunia. Namun, siapa sangka predikat mentereng AS sebagai "penguasa" ekonomi dunia kini telah terpatahkan.

Data terbaru yang dirilis perusahaan riset McKinsey & Co menyebutkan bahwa China telah berhasil merebut gelar Amerika Serikat sebagai negara paling kaya.

Dilansir dari The Strait Times, Jumat, 19 November 2021, data ini didapat setelah meneliti neraca nasional 10 negara yang mewakili lebih dari 60 persen pendatan dunia.

"Kita sekarang lebih kaya dari sebelumnya," beber Dr Jan Mischke, mitra di McKinsey Global Institute di Zurich.

Menurut penelitian itu, kekayaan bersih di seluruh dunia naik menjadi 514 triliun dolar AS pada 2020 dari sebelumnya 156 triliun dolar AS pada 2000.

Negeri Tirai Bambu menyumbang hampir sepertiga dari peningkatan tersebut. Kekayaannya meroket menjadi 120 triliun dolar AS dari hanya 7,0 triliun dolar AS pada 2000, setahun sebelum bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang memantik dan mempercepat kenaikan ekonominya.