5 Lagu Terpopuler Freddie Mercury! Ada Bohemian Rhapsody hingga Living on My Own

Rabu, 24 November 2021 – 17:35 WIB

Freddie Mercury (Foto: Istimewa)

Freddie Mercury (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Frederick 'Freddie' Mercury merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman dan vokalis utama dari band rock Queen berkebangsaan Inggris. Ia dianggap sebagai salah satu dari penyanyi terbaik dalam sejarah musik populer.

Pria kelahiran Farrokh Bulsara 5 September 1946 itu dikenal atas kepribadian flamboyan di panggung dan jangkauan vokal empat-oktafnya. Mercury juga berada di posisi 18 dalam daftar 100 penyanyi terbaik yang pernah ada oleh Rolling Stone pada tahun 2008.

Ia juga berada di posisi kedua di daftar pilihan pembaca Rolling Stone pada tahun 2011. Bahkan oleh AllMusic, Mercury digambarkan sebagai salah satu dari penampil rock terbaik sepanjang-masa, dengan salah satu suara terbaik dalam segala jenis musik.

Namun, pada 24 November 1991, Freddie Mercury dinyatakan meninggal pada usia 45 tahun di rumahnya di Kensington, karena pneumonia serta kompilasi dengan AIDS.

Kali ini, REQnews.com telah merangkum 5 lagu ciptaan Freddie Mercury yang masih abadi hingga kini. Simak yaa!

1. Bohemian Rhapsody

Lagu tersebut dianggap sebagai salah satu mahakarya musik populer abad ke-20. Saat itu, Freddie mengatakan bahwa Bohemian Rhapsody merupakan salah satu lagu yang memiliki nuansa fantasi.

Dalam lagu yang dirilis pertama kalinya pada 31 Oktober 1975 itu, dirinya memberikan ruang bagi para pendengar untuk memberikan makna sendiri pada lagu ciptaannya itu.

Bohemian Rhapsody memiliki aspek opera dengan permainan kata yang memukau, serta dibawakan dalam harmoni yang indah. “Seseorang mengatakan itu seperti Cecil B De Mille bertemu Walt Disney,” kata Freddie kala itu.

2. Don't Stop Me Now

Penggemar Queen pada tahun 2011 memilih lagu Don't Stop Me Now sebagai lagu dengan lirik terbaik. Ditulis pada 1978, lagu ini memiliki daya magisnya sendiri.

Lagu Don't Stop Me Now mencerminkan Freddie sedang ada pada perasaan terbaiknya, dengan lirik yang seolah 'meneguhkan hidupnya.'

“Saya suka berpikir bahwa saya menulis lagu dengan banyak cara berbeda, tergantung pada suasana hati saya,” kata Freddie.

3. Living on My Own

Lagu ini bisa menangkap kepribadian Freddie, termasuk pujiannya untuk bintang jazz Ella Fitzgerald. "Jika Anda mendengarkan Living On My Own, itu benar-benar saya," kata Freddie.

Pada tahun 1993, setelah kematiannya, lagu ini menyentuh hati publik dan menduduki puncak tangga lagu Inggris selama dua minggu dan telah diputar lebih dari tiga juta kali.

4. There Must Be More to Life Than This

Muncul di Mr Bad Guy, lagu ini awalnya direkam Queen untuk Hot Space tahun 1982, sebagai duet dengan Michael Jackson yang Freddie tampilkan dalam album solonya.

There Must Be More to Life Than This terinspirasi penulisan lagu John Lennon, salah satu dari banyak pengaruh formatifnya.

“Itu yang paling dekat yang ingin saya tuju dalam hal berbicara tentang politik dunia atau bencana yang terjadi di dunia," ujar Freddie.

5. Killer Queen

Freddie selalu berbicara tentang kebanggaannya dalam menulis Killer Queen yang muncul di album Queen tahun 1974, Sheer Heart Attack.

Ia mengatakan lagu tersebut ditulis dalam satu malam dan memenangkan Mercury Ivor Novello Award pertamanya dari British Academy Of Songwriters.

"Umumnya, musik datang lebih dulu, tetapi saat itu adalah kata-katanya, bersama dengan gaya canggih yang ingin saya tampilkan,” ujar Freddie kala itu.