Heboh! Mantan Menkes Siti Fadila Tuding Penerapan PPKM Level 3 Nataru Supaya Bisnis PCR Laku

Jumat, 26 November 2021 – 07:02 WIB

Mantan Menkes Siti Fadilah Supari

Mantan Menkes Siti Fadilah Supari

JAKARTA, REQnews - Pernyataan mengejutkan dilontarkan Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadila Supari, terkait penerapan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 yang ditetapkan pemerintah.

Siti Fadila menduga pemerintah menerapkan PPKM Level 3 saat Nataru agar bisnis PCR laku.

"Kita curiga kenapa tiba-tiba besok Desember ada (ledakan kasus). Itu konsekuensinya PCR dan swab (antigen) memang akan digencarkan lagi. Baru saja balada PCR sedang melanda di mana-mana. Rakyat membaca itu," kata Siti Fadila dalam Karni Ilyas Club di Youtube, dikutip Jumat, 26 November 2021.

Lebih lanjut, Siti Fadila menjelaskan, kecurigaan penerapan PPKM Level 3 sengaja dibuat untuk kepentingan pihak tertentu ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, kebijakan tersebut justru diterapkan saat angka kasus Covid-19 sedang turun.

"Sebenarnya mendiagnosa orang yang sakit itu harus dokter dari tanda-tanda dan gejala, labolatorium barulah PCR. PCR adalah alat konfirmasi yang sudah diujung. Jadi PCR itu bukan mendiagnosa," terangnya.

Dia pun menegaskan bahwa seharusnya PCR digunakan bagi pasien yang sudah memiliki gejala bukan sebaliknya.

"Jangan ada orang yang sehat dikejar-kejar di-PCR. Ada orang naik motor dikejar untuk PCR. Kemudian di tempat wisata, orang segar bugar dikejar-kejar PCR," tandasnya.