Rayakan HUT ke-59 Tanggal 26 November 2021, Ternyata Begini Sejarah Terbentuknya Seskoal

Jumat, 26 November 2021 – 12:01 WIB

Seskoal peringati hari jadi setiap tanggal 26 November.

Seskoal peringati hari jadi setiap tanggal 26 November.

JAKARTA, REQnews - Tahukah kamu tanggal 26 November diperingati sebagai hari jadi atau hari ulang tahun (HUT) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal)?

Ya, tepat Jumat ini, 26 November 2021, Seskoal merayakan HUT-nya yang ke-59. Seskoal adalah Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Tujuan pendidikan Seskoal sendiri adalah mendidik, membekali dan memantapkan Pamen TNI/TNI Angkatan Laut yang berjiwa prajurit pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut, sehingga dapat menerima tugas-tugas komando dan staf Angkatan Tugas dan Brigade Marinir serta tugas-tugas staf umum pada tingkat Markas Besar TNI, Markas Besar TNI Angkatan Laut dan Komando Gabungan TNI.

Lantas, bagaimana asal mula terbentuknya Seskoal? Simak nih ulasan sejarahnya!

Dilansir dari laman resmi Seskoal, pembentukan lembaga tersebut dilatarbelakangi pemikiran bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia mutlak memerlukan dan harus memiliki Angkatan Laut yang besar, kuat, profesional dan solid. Tujuannya, agar Indonesia memiliki salah satu kekuatan penangkal yang diperhitungkan dan disegani baik oleh lawan maupun kawan serta mampu menjadi pengawal samudera terpercaya dalam mengemban tugas menegakkan kedaulatan dan keamanan di laut.

Nah, untuk mencetak calon-calon pemimpin Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI Angkatan Laut yang berkualitas demi mampu menghadapi tantangan ke depan, maka perlu adanya penyelenggaraan pendidikan bagi para Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Laut setingkat dengan Sekolah Staf dan Komando (Sesko).

Hingga akhirnya, pada tanggal 26 November 1962 berdasarkan Surat Keputusan Menteri/KSAL Laksamana TNI R. E. Martadinata tanggal 26 November 1962 Nomor : 5401.52 , dibentuklah Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dan sebagai Presiden Seskoal yang pertama ditunjuk adalah Komodor Laut O.B. Syaaf.

Sejak awal berdiri sampai sekarang, Seskoal menempati suatu kompleks di Cipulir, Jakarta Selatan dengan lingkungan yang asri sehingga kampus ini sangat representatif untuk kegiatan belajar-mengajar.

Di Seskoal inilah, para Perwira Siswa ditempa untuk menjadi cendekia pertahanan nagara matra laut level strategi, dimana kegiatan belajar meliputi pelajaran di kelas, diskusi maupun praktik yang menyangkut bidang studi Kejuangan, Strategi, Manajemen, Logistik, Operasi, Komunikasi Sosial serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyangkut masalah-masalah penting mutakhir, kertas karya perorangan (Taskap) dan analisis.

Sejak berdirinya dari tahun 1962 sampai dengan tahun 2018 Seskoal telah mengalami pergantian pimpinan sebanyak 37 kali.

Diketahui, dari tahun 1962 hingga tahun 2018, Seskoal telah menghasilkan hasil didik sebagai berikut:

Pendidikan Reguler sejumlah 4.318 orang perwira terdiri dari:
Korps Pelaut 1.380
Korps Teknik 636
Korps Elektronika 433
Korps Suplai 438
Korps Marinir 635
Korps Kesehatan 120
Korps Khusus 150
Korps Polisi Militer 23
TNI Angkatan Darat 93
TNI Angkatan Udara 98
Polri 67
Perwira Siswa Mancanegara 220 dari berbagai negara antara lain Australia, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Philipina, Korea, Jepang, Papua Nugini, Brunai Darussalam, India, Pakistan, Thailand, Ghana, New Zeland dan Chili
Untuk alumni Sekolah Staf dan Fungsional Seskoal sebanyak 275 orang perwira serta alumni Kursus Manajemen Strategik.