Heboh Ramalan Jayabaya di Balik Letusan Gunung Semeru, Ngerinya Jika Pulau Jawa Benar Terbelah Dua!

Minggu, 05 Desember 2021 – 18:01 WIB

Letusan Gunung Semeru

Letusan Gunung Semeru

JAKARTA, REQnews - Letusan Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 tiba-tiba membuat publik teringat kembali dengan ramalan Jayabaya yang legendaris.

Menurut ramalan Jayabaya, terdapat dua gunung yang paling berpengaruh di Jawa, yakni Gunung Slamet dan Gunung Semeru.

Terkait dua gunung ini, Jayabaya pun pernah melontarkan ramalan tentang Pulau Jawa yang akan terbelah dua.

Untuk diketahui, menilik sejarah tanah Jawa, ramalan Jayabaya bukanlah sembarang ramalan. Jayabaya merupakan sosok raja di Kerajaan Kediri yang memerintah pada abad ke-12.

Jayabaya dikenal sebagai sosok visioner unggul yang prediksinya tak diragukan.

Dalam kitab Jangka Jayabaya bait ke-164, Maharaja Jayabaya pernah berucap jika suatu saat PUlau Jawa bakal terbelah menjadi dua.

Mengingat ramalan Jayabaya tersebut, banyak yang kemudian mengaitkan mitos Pulau Jawa akan terbelah itu dengan peristiwa meletusnya Gunung Semeru yang terjadi saat ini.

Ini lantaran banyak masyarakat meyakini jika ramalan Jayabaya kerap terbukti. Salah satu contohnya, ramalan sebelum perang untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Ramalan Jayabaya soal masa penjajahan Belanda yang seumur jagung (3,5 bulan) yang dimaknai dijajah 3,5 abad, terbukti benar.

Kali ini, usai peristiwa Gunung Semeru meletus, ramalan Jayabaya soal mitos Pulau Jawa akan terbelah pun kembali viral. Namun, dalam ramalan tersebut ada satu "faktor" lagi yang memungkinkan peristiwa itu bakal benar terjadi, yakni keterlibatan Gunung Slamet.

Konon katanya, jika Gunung Slamet dan Gunung Semeru meletus dahsyat, maka Pulau Jawa benar-benar akan terbelah dua.