Dokter Ramai-ramai Gagas Petisi Tolak Sumur Resapan Pemprov DKI: Ada Bahaya Mengerikan di Baliknya!

Selasa, 07 Desember 2021 – 15:31 WIB

Petisi tunda pembuatan sumur resapan Pemprov DKI Jakarta.

Petisi tunda pembuatan sumur resapan Pemprov DKI Jakarta.

JAKARTA, REQnews - Proyek 1 juta sumur resapan Pemprov DKI Jakarta terus menuai kontroversi. Kali ini, bahkan muncul sebuah petisi berisi desakan ke Pemprov DKI untuk menunda proyek pembuatan sumur resapan tersebut.

Petisi yang digagas dokter-dokter senior alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) telah ditandatangani oleh ribuan netizen.

Menurut para dokter yang menggagas petisi di laman Change.org ini, mereka meminta Pemprov DKI mengkaji ulang proyek tersebut lantaran ada bahaya yang mengancam kesehatan masyarakat di balik sumur resapan.

"Kami dokter-dokter senior alumni FK UI tidak ingin membahas dari segi keindahan, manfaat pengurangan banjir, dll. Tapi dari segi kesehatan. Ini perlu segera kita bahas karena kemungkinan besar proyek ini akan digarap secepatnya," demikian tertulis dalam petisi tersebut, dikutip Selasa, 7 Desember 2021.

"Pada tutup dari sumur resapan, ada lubang-lubang, berjumlah 12, dengan diameter sekitar 5 cm, untuk masuknya air. Itu dapat merupakan jalan untuk masuk keluarnya nyamuk. Lubang mungkin dari atas, mungkin dari samping. Tapi harus ada lubang yang cukup besar; sangat cukup untuk nyamuk masuk," lanjutnya.

"Maukah kita diberi peternakan nyamuk di depan rumah kita? Nyamuk dapat merupakan nyamuk biasa, Culex, ataupun Aedes (penyebar demam berdarah dengue [DBD]), atau jenis lainnya. Yang paling ditakuti masyarakat adalah DBD. Sudah banyak kasus DBD di sini."

"Karena itu, demi kesehatan dan keselamatan rakyat Jakarta, kami para dokter senior alumni FK UI meminta agar program dengan model yang sekarang ini ditunda. Hentikan segera sebelum DBD membunuh banyak anak dan orang dewasa di Jakarta. Pelajari dulu pengaruhnya terhadap kesehatan," demikian pernyataan para dokter penggagas petisi itu.

Para dokter tersebut pun menegaskan bahwa petisi ini diajukan atas dasar yang kuat, bukan sekadar asumsi.

"Kami tidak pernah membaca penelitian dampak kesehatan program sumur resapan di media. Jadi, mungkin Pemprov DKI juga memulai program ini dengan asumsi saja," sebut petisi itu.

Karena itu, lewat petisi ini para dokter meminta Pemprov DKI untuk mengkaji sekali lagi proyek sumur resapan bersama Dinas Kesehatan, khususnya bagian penyakit menular.

Untuk ikut mendukung petisi tersebut, kamu bisa mengakses lewat tautan berikut: https://www.change.org/p/pemprov-dki-tunda-pembuatan-sumur-resapan-di-jakarta/psf/promote_or_share