Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

6 Aturan Pajak Paling Konyol di Dunia, Salah Satunya Pajak Bernapas

Sabtu, 06 Juli 2019 – 19:30 WIB

Ilustrasi pajak (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pajak (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sebagai warga negara yang baik, kalian pastinya wajib membayar pajak dong. Sebab pungutan wajib yang dibayar untuk negara ini, hasilnya digunakan untuk kepentingan bersama.

Hasil pengumpulan pajak itu nantinya diperuntukkan pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga kesejahteraan rakyat bersama. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya tidak semua negara memiliki aturan pajak yang sama.

Bahkan ada beberapa negara atura pajaknya cukup aneh dan konyol. Well, kalian pasti tidak bakal membayangkan bakal ada aturan seperti di bawah ini:

1. Pajak media sosial, Uganda

Pada 1 Juni 2018, Uganda memperkenalkan pajak media sosial. Situs media social dan aplikasi seperti Facebook, Whatsapp, Instagram dan sejenisnya akan dikenakan pajak sekitar 700 rupiah per hari dan per aplikasi. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi berita gosip di media social.

2. Pajak blogging, Tanzania

Pada 16 Maret 2018, Tanzania kenakan pajak bagipara blogger dan pembuat konten online sebesar 6 juta rupiah per tahun. Pembuat konten juga harus daftar untuk memiliki lisensi. Hal ini untuk mengurangi konten pornografi, berita palsu, dan hate speech.

3. Pajak pelihara anjing, Swiss

Untuk memelihara anjing di Swiss diharuskan membayar pajak sebesar 7 ribu rupiah setiap tahun.  Aturan ini diterbitkan sejak tahun 1904, petugas Swiss boleh menembak mati anjing yang pajaknya tidak di bayar.

4. Pajak bernapas, Venezuela

Pajak ini bukan kepada seluruh warga Venezuela diberlakukan ke penumpang yang keluar darii  Bandara Internasional Maiqyetia di Caracas. Pajak sebesar 280 ribu rupiah digunakan untuk mengimbangi biaya system penyaringan udara di bandara.

5. Pajak smartphone dan tablet, Prancis

Di tahun 2013, Prancis mempertimbangkan akan mengenakan pajak pada pengguna smartphone dan tablet. Rencana pajak tersebut telah diusulkan untuk dimasukkan ke undang-undang anggaran. Tapi tidak ada berita lebih lanjut mengenai pengesahannya.

6. Pajak menanam dan menjual ganja, AS

29 negara bagian di Amerika Serikat melegalkan ganja sebagai obat yang bisa di beli dengan resep dokter. Sembilan negara bagian yang lain melegalkannya sebagai narkotika. Pemerintahan AS mengenakan pajak sebesar 40-70% dari penghasilan penjual dan penanam ganja.