Heboh Kaesang Pangarep Borong Saham Rp 92 Miliar, Rizal Ramli: Anak Bawang Duit dari Mana Itu?

Kamis, 16 Desember 2021 – 14:01 WIB

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep

JAKARTA, REQnews - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep kembali jadi sorotan netizen. Kali ini gara-gara dirinya membeli saham perusahaan frozen food PT Panca Mitra Multiperdana Tbk senilai Rp 92 miliar.

Aksi Kaesang ini tak pelak menuai tanggapan dari banyak pihak. Salah satunya, ekonom Rizal Ramli. Rizal pun terang-terangan mengkritik aksi pembelian saham Rp 92 miliar yang dilakukan Kaesang.

Rizal mengatakan bahwa akhir-akhir ini kondisi rezim sarat dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Menurutnya, kondisi saat ini lebih kacau dari era Orde Baru (Orba). Eks Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu menyebut, kondisi di era Orba sangat tidak disukai oleh rakyat karena KKN yang dipratikkan oleh Soeharto kepada anaknya Tommy.

Sementara saat ini, kata Rizal, seorang anak presiden bisa memiliki uang hampir menyentuh angka Rp 100 miliar untuk membeli saham. Rizal pun heran, dari mana uang tersebut bisa didapatkan oleh Kaesang.

"Hari ini ada anak kecil, anak bawang beli investasi ratusan miliar duit dari mana itu? Kan duit dari bisnis jualan pisang doang," kata Rizal, dikutip Kamis, 16 Desember 2021.

Rizal lantas menyatakan, kondisi semacam ini adalah bentuk keserakahan tanpa batas. Dia juga menyayangkan, saat rakyat mengalami kesulitan, justru ada kelompok orang yang mengambil kesempatan.

Padahal, lanjut dia, sudah ada 130 ribu orang yang telah tewas akibat pandemi Covid-19 yang masih belum usai hingga saat ini.

Terlebih, ada dana senilai Rp 1.035 triliun yang digunakan untuk menanggulangi pandemic Covid-19. Namun, besarnya dana itu tidak berdampak banyak bagi masyarakat.

"Jadi justru rakyat lagi sulit pada ngambil kesempatan dalam kesempitan," tandasnya.