IFBC Banner

Kisah Pilu Janda 4 Anak di Tangerang, Nekat Jual Ginjal Demi Lunasi Pinjol dan Utang 'Bank Keliling'

Jumat, 31 Desember 2021 – 13:31 WIB

Janda 4 anak di Tangerang nekat jual ginjal demi lunasi utang. (Foto: Istimewa)

Janda 4 anak di Tangerang nekat jual ginjal demi lunasi utang. (Foto: Istimewa)

TANGERANG, REQnews - Pinjaman online (pinjol) masih terus memakan korban. Kali ini, seorang janda 4 anak di Tangerang bahkan sampai nekat berniat menjual ginjalnya demi melunasi pinjol.

Adalah Mila Kusuma, seorang janda 4 anak di Tangerang yang terlilit utang hingga Rp 65 juta. Suami Mila diketahui sudah meninggal dunia sejak 5 tahun lalu.

Sepeninggal suami, Mila mengaku kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari lantaran minimnya penghasilan. Wanita yang berprofesi sebagai buruh cuci gosok itu sampai harus meminjam ke bank keliling hingga pinjol.

"Jadi ditotal semua itu kan gabungan dari bank harian, ada sekitar 14 orang, terus bank mingguan kumpulan sama itu semua ditotal semua kurang lebih itu (Rp 65 juta)," kata Mila, dikutip Jumat, 31 Desember 2021.

Penghasilan Mila yang hanya sebesar Rp 50 ribu dari hasil cuci gosok, membuatnya mustahil melunasi utang. Terlebih dia juga tak memiliki sedikitpun tabungan.

Karena sudah tak tahu lagi cara untuk membayar utang-utangnya itu, Mila akhirnya memutuskan untuk menjual ginjalnya lewat selebaran yang dia bagikan.

"Iya saya ikhlas lilahitaala jika memang ini jalannya buat bisa nutupin utang saya karena tidak ada lagi yang bisa saya jual," ujarnya.

Mila juga mengatakan, dirinya sudah mencoba meminta bantuan kepada sejumlah pihak terkait utangnya itu. Namun upayanya tak membuahkan hasil apapun.

"Lampiran surat saya sudah minta bantuan ke DKM masjid setempat terus minta ke bapak lurah juga ke Polsek yang saya udah lampirkan. Ini cari solusi dan bantuan," jelas Mila.

Ibu 4 anak itu juga menjelaskan selama ini ia sudah menjual berbagai barang miliknya. Bahkan sampai barang anaknya juga turut dijual untuk menambal utangnya.

"Jual motor, jual kulkas pendingin minuman, kulkas kredit belum lunas saya jual terus jual emas anak saya 10 gram itu anak pertama saya kan ada 6 bulan kesini baru nikah terus jual itu. Pinjem emas tetangga, terus terakhir kemarin anak saya jual Handphonenya," ungkapnya.

Mila pun mengaku keinginannya untuk menjual ginjal sempat ditentang oleh anak-anaknya. Namun dia berusaha memberi pengertian.

"Ya anak-anak tidak mengizinkan cuman kan balik lagi saya kasih penjelasan kan udah selama saya gak bisa bayar saya hidup udah ga nyaman saya pergi pagi pulang malam," tandasnya.