Lagi Trending! Ghozali Cuan Miliaran Hasil Jual Foto Selfie Bentuk NFT

Kamis, 13 Januari 2022 – 12:03 WIB

agat maya dibuat heboh karena seorang anak muda Indonesia bernama Ghozali meraup cuan hingga Rp 1 Miliar hasil menjual foto selfie dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT

agat maya dibuat heboh karena seorang anak muda Indonesia bernama Ghozali meraup cuan hingga Rp 1 Miliar hasil menjual foto selfie dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT

JAKARTA, REQnews - Jagat maya dibuat heboh karena seorang anak muda Indonesia bernama Ghozali meraup cuan hingga miliaran hasil menjual foto selfie dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT.

Banyak yang penasaran bagaimana cara kerja NFT?

Nama Ghozali menjadi trending topic di Twitter. Semua orang ramai membicarakan Ghozali pasca mengunggah fotonya di marketplace Non Fungible Token (NFT) di salah satu marketplace NFT, OpenSea.

Dilansir dari akun Ghozali Everyday, ia memperlihatkan foto selfie dirinya setiap hari sejak usia 18 hingga 22 tahun selama rentang tahun 2017 hingga 2021.

"I took photos of myself since I was 18 to 22 years old ( 2017 - 2021 )" tulis Ghozali.

Pria berusia 22 tahun itu menyebut dirinya mengambil foto setiap hari di depan komputer. 

"It's really a picture of me standing in front of the computer day by day" tulis Ghozali.

Harga foto Ghozali beragam. Ghozali mulanya menjual foto-foto tersebut dengan harga 0,001 ETH ($3,25) atau sekitar Rp 45,8 ribu. Koleksi NFT Ghozali Everyday kini termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta

Total ada 933 foto yang ditawarkan.

"Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar," tulisnya dalam Twitter @Ghozali_Ghozalu, Selasa 11 Januari 2022 lalu.

Kini, koleksi NFT miliknya sudah terjual hampir Rp 12,6 miliar.

 

"Sudah lewat 3 hari dan saya sudah membiarkan 331 NFT terjual karena saya tidak akan mendaftarkannya lagi di beberapa tahun kedepannya. Kamu bisa melakukan apa saja seperti membeli asset atau apapun itu tapi tolong jangan memanfaatkan foto saya dan foto orangtua saya karena mereka pasti akan sangat kecewa denganku. Saya percaya kalian semua jadi tolong jaga foto foto saya." kata Ghozali melalui akun Twitter @Ghozali_Ghozalu, Rabu 12 Januari 2022.

https://twitter.com/Ghozali_Ghozalu/status/1481131534405214211?s=20

Banyak yang bertanya-tanya apa itu NFT?

NTF atau Non Fungible Token semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

NTF adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT baru populer akhir tahun 2021.