Disentil Ditjen Pajak Usai Cuan Miliaran Hasil Jual Selfie Bentuk NFT, Ghozali Santuy Ngomong Begini

Minggu, 16 Januari 2022 – 03:00 WIB

Akun Ghozali Everyday (Foto: tangkapan layar)

Akun Ghozali Everyday (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, REQnews - Kesuksesan anak muda bernama Ghozali usai meraup cuan hingga miliaran hasil menjual foto selfie dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT tak henti-hentinya menjadi perhatian publik. Tak terkecuali Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan, yang langsung mengingatkan Ghozali untuk membayar pajak.

Melalui akun Twitter, @DitjenPajakRI awalnya memberi ucapan selamat kepada Ghozali. Bersamaan dengan itu, Ditjen Pajak juga menyematkan tautan untuk mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

“Congratulations, Ghozali! Here is a link where you can register your TIN: http://pajak.go.id/id. Check out this link for more information about TIN: https://pajak.go.id/index.php/id/syarat-pendaftaran-nomor-pokok-wajib-pajak-0,” tulis Twitter @DitjenPajakRI dikutip Sabtu 14 Januari 2022.

Agar Ghozali tak kebingungan, Ditjen Pajak pun menyatakan akan membantu saat pendaftaran NPWP.

"If you need help, kindly ask @kring_pajak. We wish you the best of luck in the future," lanjut twit @DitjenPajakRI.

Ghozali pun membalas melalui akun Twitter-nya @Ghozali_Ghozalu. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Ghozali menyatakan berjanji akan membayar pajak.

"This is my first tax payment in my life," tulis Ghozali.

"Of course I will pay for it because I am a good Indonesian citizen” kata Ghozali dalam twit yang terpisah.

Sebelumnya diberitakan, nama Ghozali menjadi trending topic di Twitter. Semua orang ramai membicarakan Ghozali pasca mengunggah fotonya di marketplace Non Fungible Token (NFT) di salah satu marketplace NFT, OpenSea.

Dilansir dari akun Ghozali Everyday, ia memperlihatkan foto selfie dirinya setiap hari sejak usia 18 hingga 22 tahun selama rentang tahun 2017 hingga 2021.


"I took photos of myself since I was 18 to 22 years old ( 2017 - 2021 )" tulis Ghozali.

Pria berusia 22 tahun itu menyebut dirinya mengambil foto setiap hari di depan komputer. 

"It's really a picture of me standing in front of the computer day by day" tulis Ghozali.

Harga foto Ghozali beragam. Ghozali mulanya menjual foto-foto tersebut dengan harga 0,001 ETH ($3,25) atau sekitar Rp 45,8 ribu. Koleksi NFT Ghozali Everyday kini termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta

Total ada 933 foto yang ditawarkan.

"Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar," tulisnya dalam Twitter @Ghozali_Ghozalu, Selasa 11 Januari 2022 lalu.

Kini, koleksi NFT miliknya sudah terjual hampir Rp 12,6 miliar.

 

Banyak yang bertanya-tanya apa itu NFT?

NTF atau Non Fungible Token semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi.

NTF adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.