Petisi Dukungan Haris Azhar-Fatia Menggema, Desak Kapolri Hentikan Penyelidikan

Selasa, 18 Januari 2022 – 22:31 WIB

Petisi dukungan untuk Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti

Petisi dukungan untuk Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti

JAKARTA, REQnews - Selasa pagi, 18 Januari 2022, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dijemput secara paksa di kediamannya untuk pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Namun, Haris dan Fatia menolak lantas memilih untuk mendatangi sendiri Polda Metro Jaya pada siang harinya.

Sebelumnya diketahui, keduanya dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menggunakan UU ITE yang kerap dipakai untuk mengkriminalisasi aktivis dan pembela HAM. Walaupun telah ada upaya mediasi dan Haris-Fatia telah berlaku kooperatif, tapi penyelidikan terus berjalan.

Merespons kasus ini, muncullah petisi dukungan bagi Haris-Fatia di jagat maya. Petisi yang diumumkan lewat akun Instagram @amnestyindonesia itu, menyuarakan desakan kepada Kapolri untuk menghentikan penyelidikan terhadap aktivis dan pembela HAM Haris-Fatia.

"Diskusi berdasarkan data dan laporan riset bukan pencemaran nama baik. Ekspresi damai dan kritik dari publik harusnya menjadi masukan pejabat publik, bukan alasan untuk mengkriminalisasi," demikian tulis akun @amnestyindonesia terkait petisi tersebut.

"Mari gerak bersama hentikan upaya kriminalisasi aktivis dan pembela HAM dan kawal kasus ini sampai tuntas, pastikan kepolisian bertindak profesional dalam penanganan kasus dan tidak hanya menjadi alat pejabat publik untuk bertindak represif terhadap kritik, ekspresi, dan aksi damai," lanjutnya.

Para netizen diharapkan turut mendukung petisi tersebut dengan memberikan tanda tangan pada tautan s.id/saveharisfatia_ig.