Viral Logo Baru Kemenhan RI! Begini Penampakan dan Makna di Baliknya

Sabtu, 22 Januari 2022 – 14:01 WIB

Kemenhan RI

Kemenhan RI

JAKARTA, REQnews - Wakil Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra baru-baru ini mengumumkan pergantian logo Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

Hal ini disampaikan Herindra lewat unggahan di akun Instagramnya @herindra87 pada Kamis, 21 Januari 2022. Dalam postingannya, mantan Danjen Kopassus itu memamerkan logo baru Kemenhan.

Dalam video unggahan anak buah Menhan Prabowo Subianto itu terlihat pergantian logo. Tampak logo lama milik Kemenhan diperlihatkan.

"Logo lama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia," tulis Herindra, dikutip Sabtu, 22 Januari 2022.

Ada makna mendalam di balik setiap simbol dalam logo lama Kemenhan tersebut. Bentuk bulat disertai warna biru tua, adanya untaian tambang, Garuda Pancasila, Bendera Merah Putih, Peta Indonesia, serta jangkar mengisyaratkan kemerdekaan Indonesia yang harus dipertahankan.

Untaian tambang yang melingkar sendiri diartikan sebagai keutuhan jiwa yang dipelihara semaksimal mungkin oleh Angkatan Perang dengan utuh dan kokoh.

Sementara itu, Garuda Pancasila yang tergambarkan merupakan simbol dari NKRI itu sendiri. Begitu pula dengan simbol Bendera Merah Putih.

Gambar peta Indonesia merupakan simbol dari wilayah yang harus dipertahankan kedaulatan serta keutuhannya. Bintang bersudut lima mewakili Angkatan Darat, sementara jangkar merupakan simbol Angkatan Laut, serta Burung Garuda adalah representasi dari Angkatan Udara.

Kemudian, pada video singkat kedua, terlihat logo baru Kemenhan yang didominasi warna merah dan cokelat. Serupa dengan logo sebelumnya, logo terbaru itu juga nampak berbentuk bulat. Ada garis berwarna cokelat yang mengelilingi logo.

"Logo baru Kementerian Pertahanan Republik Indonesia," tulis Herindra lagi.

Di dalam logo baru tersebut, terdapat beberapa simbol yang serupa. Di antaranya yakni tulisan 'Kementerian Pertahanan Republik Indonesia', lambang rantai yang melingkar, serta gambar Garuda Pancasila yang utuh.