IFBC Banner

Kris Wu Divonis 17 Tahun Penjara dan Denda Rp 13,5 Triliun? Tersadis Sepanjang Sejarah Showbiz China

Jumat, 04 Februari 2022 – 14:31 WIB

Kris Wu (Foto: Instagram)

Kris Wu (Foto: Instagram)

JAKARTA, REQnews - Apa kabar Kris Wu? Bagaimana kondisi terkini pelantun 'November Rain' itu usai terjerat skandal hingga membuatnya terjerat hukum?

Belakangan, beredar rumor yang menyebutkan bahwa Kris Wu bakal dijatuhi hukuman 17 tahun penjara dengan denda mencapai Rp 13,5 triliun. Jika kabar itu benar, maka Kris Wu mendapat hukuman terberat dan "tersadis" sepanjang sejarah dunia showbiz China.

Rumor tentang hukuman Kris Wu tersebut awalnya dibagikan oleh seorang blogger China. Menurut laporan blogger tersebut, Wu Yi Fan alias Kris Wu akan dijatuhi hukuman 17 tahun penjara dan akan diminta membayar denda sebesar 6 miliar yuan atau setara dengan Rp 13,5 Triliun.

Jika hal itu benar, hukuman tersebut mencatatkan rekor di industri hiburan China. Pasalnya, belum pernah ada selebriti China yang terlibat skandal menerima hukuman seberat itu sebelumnya.

Namun, hingga kini kebenaran kabar tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak berwenang. Sebelum ini, sempat pula beredar rumor jika Kris Wu diprediksi akan menghadapi hukuman mati jika semua tuduhan yang dilayangkan padanya terbukti benar.

Mantan trainee SM Entertainment ini diketahui setidaknya diduga terlibat 8 kasus, di antaranya pemerkosaan anak di bawah umur, pemerkosaan berkelompok, perdagangan seks, penggunaan narkoba, dan calo seks. Hingga kini pihak penyidik belum memberikan update perkembangan terkini dari penyanyi satu ini.

Sementara itu kasus Kris Wu telah membangkitkan gerakan #metoo di China yang membuat publik semakin memperhatikan keamanan para perempuan. Bahkan Pemerintah China juga memperketat aturan fandom idol setelah banyak penggemar yang masih mendukung aktivitas Kris Wu meski sang artis terlibat skandal.

Beberapa lembaga kemudian dibuat pemerintah untuk menangkal pemujaan berlebih yang dilakukan oleh kelompok fans artis maupun idol China.

Saat ini diketahui, Kris Wu tengah ditahan di penjara Beijing. Sejak mendekam di penjara, sosoknya tak pernah lagi terlihat publik.