IFBC Banner

Arab Saudi Tuai Kontroversi Lagi! Kali Ini Gegara Rencana Gelar Ibadah Haji di Dunia Metaverse

Selasa, 08 Februari 2022 – 14:12 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Dunia metaverse kian menarik perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Arab Saudi yang kini tengah berinovasi dengan menggarap konsep ibadah haji dengan metaverse.

IFBC Banner


Dengan konsep ini, para pengguna nantinya bisa melihat Hajar Aswad secara virtual. Namun meski belum resmi diluncurkan, program ini sudah menuai banyak kritik.

Diketahui, Arab Saudi mulai mengumumkan ide baru untuk membawa Kabah ke dunia metaverseini pada Desember 2021 lalu. Dengan teknologi terbaru ini, diharapkan umat Islam bisa mengunjungi tanah suci secara virtual tanpa perlu datang langsung ke lokasi.

Program metaverse ini disebut sebagai 'Virtual Black Stone Initiative'. Pengguna metaverse dapat melihat Hajar Aswad secara virtual, yang diletakkan di salah satu sudut Kabah, di Masjidil Haram.

"Inisiatif ini memungkinkan umat Islam untuk mengunjungi Hajar Aswad secara virtual sebelum ziarah ke Mekkah," kata pejabat Saudi dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan inisiatif tersebut, dilansir dari Hurriyet Daily News pada Selasa, 8 Februari 2022.

Proyek ini digarap oleh Badan Urusan Pameran dan Museum Arab Saudi, bekerja sama dengan Universitas Umm Al-Quro.

Namun, inisiatif tersebut menimbulkan kontroversi di kalangan umat Muslim di seluruh dunia. Banyak yang mempertanyakan di jagat maya apakah haji di metaverse dapat dianggap sebagai ibadah yang nyata dan sah menurut hukum Islam.