IFBC Banner

Waspada, Sudah Banyak Korbannya! Begini Kronologi Penipuan Jastip Tiket Konser Justin Bieber

Selasa, 29 Maret 2022 – 23:01 WIB

Justin Bieber

Justin Bieber

JAKARTA, REQnews - Rencana konser Justin Bieber di Jakarta ternyata disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

IFBC Banner


Seperti diketahui, tiket konser Justin Bieber telah resmi dijual pada Selasa, 29 Maret 2022. Namun ternyata, ada sejumlah pihak yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan.

Penyanyi Kunto Aji lewat akun Twitternya @KuntoAjiW mengingatkan publik untuk waspada terhadap scammer yang memanfaatkan momen konser Justin Bibeber. Dia pun mengunggah utas panjang dari salah satu korban penipuan yang sudah terlanjur mentransfer Rp 12 juta.

Utas panjang tersebut dibuat oleh salah satu penggemar Justin Bieber dengan akun Twitter @uwoyedee. Dalam utasnya, akun tersebut menceritakan pengalamannya ditipu jastip (jasa titip) tiket konser Justin Bieber di Malaysia.

Awalnya pemilik akun mencari jastip tiket pada Jumat, 25 Maret 2022 di Twitter. Pasalnya jastip di Instagram rata-rata sudah penuh. Ia lantas memutuskan untuk memesan lewat akun @KAI_cvntopup karena harga yang lebih murah.

Uwoyedee kemudian memesan 3 tiket CAT 3 dengan total nyaris Rp 12 juta. Akun penipu bahkan sempat mengirimkan foto KTP agar ia percaya. Namun tiba-tiba penipu tersebut meminta tambahan sekitar Rp 3 juta dengan dalih harga tiket naik. Seluruh pembayaran dilakukan lewat Traveloka. Artinya total kerugian mencapai Rp 15 juta.

"Daripada harus refund dan gua gak ada duit lagi buat online shop, jadi mending nambah Rp 3 juta aja," tulis akun @uwoyedee, dikutip Selasa, 29 Maret 2022.

Namun ia mulai curiga karena si penipu berkata akan memberikan e-tiketnya pada 25 Maret, sedangkan penjualan baru dibuka pada 31 Maret. Dari situ Uwoyedee memutuskan untuk mengusut akun penipu.

Dan terungkap sejumlah fakta mengejutkan. Ternyata akun penipu itu menggunakan KTP bodong yang bisa diunduh di internet. Setelah ditelusuri, akun @KAI_cvntopup rupanya masuk dalam daftar penipu Paypal.

Akun tersebut mengaku bisa mengonversikan segala jenis uang, mulai dari Won hingga Bath. Namun kenyataannya uang yang ada justru tidak pernah kembali.

"Dan gue diblock. Xixixi #KAI_cvntopup cie akunnya ilang," tulis Uwoyedee.

Sadar telah menjadi korban penipuan, ia pun segera melaporkan kasus ini kepada pihak Traveloka. E-commerce tersebut pun langsung cepat tanggap menangani kasus ini, tapi sayangnya pemilik akun tidak bisa dilacak karena uang yang sudah masuk digunakan untuk payment gift voucher.

"Btw gue juga ngasih nomor passport gue, nyokap, dan adek. Wallahualam mau diapain tuh," ungkapnya dengan pasrah.

Yang mengejutkan, ternyata banyak netizen lain yang mengaku bahwa mereka juga menjadi korban aksi penipuan serupa.

Terkait kasus ini, pihak PK Enterteinment selaku penyelenggara pun ikut angkat bicara. Mereka menghimbau para fans Justin Bieber untuk lebih berhati-hati dalam menerima tawaran tiket konser.

Perlu diingat, saat ini tiket tidak bisa diperjualbelikan kembali dan hanya tersedia di BLIBLI serta www.justinbiberinjakarta.com.