IFBC Banner

Herry Wirawan Divonis Mati, Deddy Corbuzier Ikut Disorot! Usulannya Akhirnya Terkabul...

Selasa, 05 April 2022 – 04:01 WIB

Herry Wirawan dan Deddy Corbuzier

Herry Wirawan dan Deddy Corbuzier

JAKARTA, REQnews - Herry Wirawan, ustaz pemerkosa 13 santriwati akhirnya resmi divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung, Jawa Barat.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung, Herri Swantoro mengabulkan hukuman mati tersebut setelah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengajukan banding. Banding diajukan atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang sebelumnya menuntut Herry Wirawan hukuman penjara seumur hidup.

Tak hanya divonis mati, Herry Wirawan juga diharuskan membayar restitusi sebesar Rp 300 juta lebih. Denda ini sekaligus menganulir putusan PN Bandung yang sebelumnya membebaskan Herry dari hukuman ganti rugi terhadap korban.

Terkait vonis mati Herry Wirawan ini, nama presenter kondang Deddy Corbuzier pun mendadak ikut jadi sorotan. Pasalnya, sebelumnya Deddy sempat lantang berbicara mengenai kasus pemerkosaan yang dilakukan Herry Wirawan.

"Kalau ada seseorang yang mengaku guru agama, apalagi hal ini terjadi di sebuah pesantren, dan orang ini memperkosa 13 santriwati diperkosa, dan empat telah melahirkan, trus anak-anaknya dipekerjakan, ada yang jadi kuli bangunan, nyari duit dibilang ini anak yatim dan lain sebagainya, itu orang bukan manusia, itu kodok kurap," kata Deddy Corbuzier pada Desember 2021.

Kala itu, Deddy pun mengaku sangat geram dengan perbuatan bejat Herry. Dia bahkan menyatakan secara tegas bahwa hukuman yang paling tepat bagi Herry adalah hukuman mati.

"Orang-orang seperti ini hukumannya mati. Karena kalau kita bicara HAM, Hak Asasi Manusia itu untuk manusia, ini kodok kurap, bukan manusia. Kita bicara HAM untuk ini gak bisa. This is my opinion," tegas Deddy Corbuzier.