IFBC Banner

Kronologi Warga Malaysia Batal Puasa Massal Gegara Insiden Salah Putar Azan, Auto Tepok Jidat!

Selasa, 05 April 2022 – 09:01 WIB

Ilustrasi Magrib

Ilustrasi Magrib

MALAYSIA, REQnews - Insiden tak terduga menghebohkan publik Malaysia di awal Ramadan ini. Warga Tawau, Sabah, Malaysia batal puasa secara massal gara-gara seorang penyiar radio salah memutar azan Magrib lebih awal.

Penyiar radio bernama Mohd Safwan Junit yang bekerja di Tawau FM, meminta maaf karena menyiarkan azan Magrib empat menit lebih awal di hari pertama Ramadan waktu Malaysia, pada Minggu, 3 April 2022.

Mohd Safwan Junit yang memandu program bertajuk "Syoknya Hujung Minggu" dilaporkan telah menyiarkan azan Magrib pada pukul 18.16, padahal waktu sebenarnya adalah pukul 18.20 waktu setempat.

Dalam permintaan maafnya di laman Facebook, Safwan menjelaskan jika insiden salah putar azan itu terjadi secara tidak sengaja dan akibat kesalahan teknis.

"Saya Mohd Safwan Junit penyiar yang bertugas di Syoknya Hujung Minggu melakukan kesalahan teknis, di mana adzan Maghrib disiarkan dua kali yaitu sekitar pukul 18.16 dan yang kedua pada pukul 18.20," tulisnya dikutip dari Free Malaysia Today, Selasa, 5 April 2022.

"Azan yang seharusnya dikumandangkan pada pukul 18.20 WIB dibunyikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan, sehingga menyebabkan banyak warga Tawau yang tidak sengaja berbuka puasa lebih awal dari waktu tersebut," sambungnya.

Safwan pun menegaskan bahwa insiden tersebut terjadi akibat kesalahannya sendiri karena itu ia terdorong untuk meminta maaf ke publik.

"Oleh karena itu, saya dengan rendah hati, secara pribadi, meminta maaf kepada masyarakat Tawau yang terkena dampak situasi ini," kata Safwan.

"Kesalahan ini datang dari saya sendiri dan bukan dari RTM Tawau atau Tawau FM. Kebaikan itu datangnya dari Tuhan yang kurang dari diri saya sendiri," tandasnya.