IFBC Banner

Begini Kata Psikolog Lita Gading Soal Ustaz Yusuf Mansur yang Dituding Gangguan Mental Mythomania

Minggu, 10 April 2022 – 22:01 WIB

Psikolog Lita Gading dan Ustaz Yusuf Mansur

Psikolog Lita Gading dan Ustaz Yusuf Mansur

JAKARTA, REQnews - Dai kondang Ustaz Yusuf Mansur tengah disorot dan jadi perbincangan hangat publik beberapa waktu belakangan terkait kasus Paytren.

Terbaru, sebuah video viral memperlihatkan dirinya sedang ngamuk soal Paytren mengejutkan para netizen.

"Transaksi kagak bisa, PUT kagak cair-cair, duit gue hilang. Emang kite ngurusin saham itu ngurusin ape? Emang kita masuk perusahaan sini situ, emang buat siape? Yang saya lakukan buat Paytren!" kata Yusuf Mansur dalam video tersebut, dikutip Minggu, 10 April 2022.

Ada pula sebuah video viral lain dirinya yang membuat banyak netizen melongo. Dalam video itu, Yusuf Mansur mengklaim dirinya pernah naik pesawat 1.000 kali dalam sehari.

"Jadi saya pernah satu hari itu 1000 kali naik pesawat," kata Ustaz Yusuf Mansur dengan suara lantang, dalam video yang beredar.

Melihat dari video-video yang viral itu, alhasil banyak netizen yang menduga Yusuf Mansur mengidap penyakit mental Mythomania.

Menanggapi ini, psikolog Lita Gading pun angkat bicara.

"Banyak sekali video yang masuk ke saya, mengatakan bahwa Ustaz Mansur itu Mythomania. Apa itu?" kata Lita, dalam video yang diunggah di akun media sosialnya.

Lita mengatakan, sebaiknya kita jangan memberikan label apapun kepada orang lain. Terutama, jika bukan seorang psikolog yang memeriksa orang tersebut.

"Jangan suka memberikan labelling atau diagnosis psikologis terhadap seseorang yang kalian hujat. Please, ini merusak mental," kata Lita.

Lebih lanjut Lita menjelaskan, Mythomania adalah seseorang yang melakukan kebohongan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

"Walaupun dia (Yusuf Mansur) misalkan berbohong, itu bukan urusan kita. Itu urusan dia dengan Tuhan. Soal diagnosis itu dilakukan oleh ahlinya setelah dia melakukan tes kejiwaan, oleh psikolog maupun psikiater," tandas Lita.