IFBC Banner

Keji! Puluhan Anjing Mati Diracun di Canggu Bali, Ayo Dukung Petisi Ini Agar Tak Ada Korban Lagi...

Senin, 18 April 2022 – 21:01 WIB

Puluhan anjing mati diracun di Canggu, Bali.

Puluhan anjing mati diracun di Canggu, Bali.

JAKARTA, REQnews - Kematian puluhan ekor anjing selama 2 minggu terakhir tengah meresahkan warga Canggu, Bali. Media sosial pun mendadak ramai dengan curhatan para warga dan WNA di Canggu yang melaporkan kematian anjing mereka serta unggahan foto-foto makanan yang diduga mengandung racun.

Salah satunya dialami WNA asal Australia, Claire Dew yang kehilangan anjing kesayangannya, Blacky.

"Waktu itu dog sitter anjing saya membawa anjing saya jalan-jalan ke Pantai Berawa. Pas jalan pulang mereka mampir sebentar ke sebuah warung di tepi pantai. Setelah itu Blacky pingsan ketika mau naik ke motor. Sempet bangun lagi tapi terus kejang-kejang. Akhirnya Blacky dibawa ke dokter hewan di Semer, hanya saja 15-20 menit setelah sampai, anjing saya mati," kata Claire, dikutip Senin, 18 April 2022."

Claire kemudian mengunggah kisahnya di akun Instagram @canggucommunity, sebuah akun Instagram dan Facebook Group untuk masyarakat lokal dan expatriat yang tinggal di Canggu, Bali. Tak disangka, banyak anjing lain bernasib serupa dengan anjing Claire. Rupanya jumlah anjing yang mati mendadak sejak dua minggu lalu sudah mencapai 10 ekor.

Lokasi kematiannya tak hanya di Pantai Berawa, tapi juga di Pantai Perancak, Kedungu, Seminyak dan Batu Bolong. Resah dengan kejadian ini, warga Canggu lantas kompak mengunggah foto makanan yang diduga dicampur dengan racun dan menyebabkan anjing-anjing mati.

Salah satunya berupa nasi yang dicampur dengan bubuk yang diduga sebagai racun. Racun tersebut banyak ditemukan di halaman depan villa, jalanan, dan juga di sekitar pantai. Diduga racun tersebut adalah Potasium Cyanide atau racun tikus.

Menindaklanjuti temuan ini, warga pun melakukan berbagai upaya. Di antaranya berkoordinasi dengan sejumlah organisasi pecinta hewan seperti BAWA (Bali Animal Walfare & Association) untuk mengusut kasus tersebut dan melapor ke pemuka adat.

Tak hanya itu, warga juga menggalang petisi di change.org/StopBaliDogCulling agar pemerintah memblokir akses publik terhadap berbagai macam racun. Terutama racun yang mudah diakses, yang dikhawatirkan akan membahayakan anjing, hewan lainnya dan juga manusia terutama anak-anak.

Yuk ikut tandatangani petisinya agar tak ada anjing-anjing lainnya lagi yang menjadi korban!

https://www.change.org/p/justice-for-dogs-in-bali-ban-public-access-to-purchase-poison?utm_medium=vanity&utm_source=id-anjingbali&utm_campaign=vanityshare