IFBC Banner

Fakta Kebakaran di Kawasan Pasar Gembrong: Penyebab hingga Nilai Kerugian

Senin, 25 April 2022 – 16:33 WIB

Kebakaran kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu 24 April 2022

Kebakaran kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu 24 April 2022

JAKARTA, REQnews - Peristiwa kebakaran hebat terjadi di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur pada Minggu 24 April 2022 malam.

Api membumbung tinggi, memaksa puluhan unit mobil pemadam kebakaran bekerja ekstra keras menjinakkan si jago merah, yang prosesnya berlangsung selama beberapa jam. Ratusan bangunan hangus, kerugian tembus miliaran. 

Dihimpun dari lapangan, berikut fakta-fakta di balik kebakaran kawasan Pasar Gembrong.

1. Luas Area

Kasi Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman berkata, luas area yang terbakar adalah 1.200 meter persegi dengan 400 bangunan hangus.

"Objek terbakar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan di RT 2, 3, 4, 5 dan 6 RW 01," kata Gatot di Jakarta, Senin 25 April.

2. Kerugian Miliaran

Kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan tembus hingga Rp 1,5 miliar.

3. Penyebab Kebakaran

Diduga kuat, kebakaran terjadi karena korsleting listrik dari salah satu rumah warga di kawasan tersebut.

"Pemilik rumah teriak terjadi kebakaran dan warga berusaha memadamkan api, namun api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitarnya karena bangunan sekitar terbuat dari kayu," ujar Gatot.

4. Waktu Terjadinya Kebakaran

Gatot berkata, pihakna menerima laporan pertama kali pada pukul 21.06 WIB. Kemudian proses pemadaman dilakukan mulai pukul 21.17 WIB oleh 32 unit mobil pemadam dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur.

Sebanyak 130 personel pemadam dikerahkan. Sampai Senin 25 April subuh, sekitar pukul 04.30 WIB para petugas masih berjibaku untuk proses pendinginan area.