IFBC Banner

Heboh Wabah Hepatitis Akut Disebut Berkaitan dengan Anjing, Begini Penjelasan Ahli Kesehatan

Senin, 09 Mei 2022 – 16:01 WIB

Ilustrasi anak dan anjing

Ilustrasi anak dan anjing

JAKARTA, REQnews - Wabah hepatitis akut kian membuat banyak orang di berbagai belahan dunia cemas. Terlebih hingga saat ini para ahli dan otoritas kesehatan belum bisa mendeteksi sumber penularan penyakit tersebut.

Di tengah upaya para ahli dan otoritas kesehatan mencari solusi terkait wabah ini, kini beredar informasi jika hepatitis akut tersebut berkaitan dengan anjing.

Dilansir dari The Sun, Senin, 9 Mei 2022, kuesioner keluarga telah menunjukkan jumlah yang relatif tinggi dari keluarga pemilik anjing atau paparan anjing lainnya, menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), dengan 64 dari 92 kasus dengan data yang tersedia menyebutkan paparan anjing.

UKHSA mengatakan temuan ini sedang ditelusuri lebih lanjut karena bisa jadi itu hanya kebetulan karena kepemilikan anjing adalah hal yang biasa di Inggris.

Hepatitis adalah peradangan hati dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau kerusakan hati akibat alkohol. Penyakit kuning (kulit dan mata menguning) dan muntah adalah gejala yang paling umum dalam kasus di Inggris, yang sebagian besar terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun.

Menurut UKHSA, virus umum yang disebut adenovirus mungkin menjadi penyebab lonjakan dan paling sering terdeteksi dalam sampel yang dikumpulkan.

Namun, adenovirus jarang menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sebelumnya sehat sehingga para peneliti mencari faktor penyebab potensial lainnya. Di antara faktor-faktor tersebut adalah pernah terinfeksi Covid-19 sebelumnya atau adanya perubahan genom adenovirus itu sendiri.