IFBC Banner

Nahloh! Kunjungan DPD RI Disebut Buang Uang Negara, 'Rame-rame ke Arab Cuma Makan Malam Sama Syeikh'

Selasa, 17 Mei 2022 – 17:31 WIB

Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti beserta rombongan lakukan kunjungan ke Arab Saudi.

Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti beserta rombongan lakukan kunjungan ke Arab Saudi.

JAKARTA, REQnews - Lawatan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beserta delegasi DPD RI ke Arab Saudi menuai kritik dari sejumlah pihak. Pasalnya, aksi kunjungan tersebut dinilai sebagai pemborosan uang negara.

"Ya ngapain DPD rame-rame ke Arab cuma buat makan malam sama syeikh, ngabisin uang negara saja. Benefitnya apa buat negara dari kunjungan tersebut," kata Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI) M Adhiya Muzakki, dikutip Selasa, 17 Mei 2022.

Menurut Muzakki, kunjungan DPD RI tersebut lebih menonjolkan pertemuan dan makan malam dengan pemegang kunci Kabah, Syeikh Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Syaibi, ketimbang mengupayakan hal-hal yang sifatnya strategis.

Meskipun ada kunjungan menyapa tenaga kerja Indonesia (TKI) di sana, kata Muzakki, tetapi hal tersebut bukan merupakan agenda strategis dan juga bukan merupakan fungsi DPD.

Begitu juga pertemuan dengan pejabat Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi dan mahasiswa diaspora, menurut Muzakki, hal itu tidak efisien, karena aktivitas tersebut bisa dilakukan secara virtual.

"Seharusnya kunjungan lebih diarahkan ke hal yang sifatnya strategis, misal penguatan ekonomi, pertemuan dengan kedubes dan mahasiswa juga kan bisa pakai Zoom, daripada berbondong-bondong ke luar negeri," katanya.

"Kan zaman udah canggih, tidak perlu repot dan buang anggaran," sambung Muzakki.

Kalaupun memang ingin melawat ke Arab Saudi, lanjut Muzakki, LaNyalla seharusnya bertemu pejabat tinggi negara.

"Kunjungan-kunjungan lembaga ke luar negeri harusnya juga lebih berkualitas, misal membangun kerja sama demi penguatan ekonomi," tandasnya.