IFBC Banner

Stop Jual Beli Bagian Tubuh Satwa Dilindungi di Marketplace dan Sosmed, Yuk Bantu Dukung Petisinya!

Kamis, 19 Mei 2022 – 18:01 WIB

Petisi hentikan jual beli online bagian tubuh satwa dilindungi.

Petisi hentikan jual beli online bagian tubuh satwa dilindungi.

JAKARTA, REQnews - Sebuah fakta miris terungkap bahwa bagian-bagian tubuh satwa dilindungi seperti taring dan kuku harimau masih dijual bebas secara online di sejumlah marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bulapak dan Shopee.

Sejalan dengan temuan fakta tersebut, kasus perburuan satwa dilindungi pun kian meresahkan. Seperti kasus yang baru terjadi satu hari lalu, dimana 3 harimau di Aceh mati karena terkena jerat oknum tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi.

Prihatin dengan kondisi ini, Forestry Lestari, JAAN dan Anak Bangsa Indonesia akhirnya menggagas petisi di laman Change.org yang berisi desakan untuk menghentikan dan melarang segala jenis aktivitas jual beli bagian tubuh satwa dilindungi.

Diungkapkan dalam petisi tersebut bahwa maraknya jual beli bagian tubuh satwa jelas memberikan banyak dampak negatif, antara lain:

1. Rusaknya ekosistem di alam

2. Rusaknya/terganggunya rantai makanan di alam

3. Mempercepat punahnya Satwa Endemik Indonesia (Khususnya Harimau di sini) dan satwa lainnya

4. Hilangnya hutan Indonesia.

"Tentunya kami sangat membutuhkan dukungan dari segala elemen masyarakat dan tindak nyata dengan menandatangani PETISI INI agar terjadi perubahan dalam mengurangi dan atau menghilangkan jual beli bagian satwa yang dilindungi di Indonesia!" demikian tulis petisi tersebut, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Dalam petisi itu disebutkan pula beberapa poin tuntutan terhadap pihak-pihak terkait. Berikut rinciannya:

Dengan Hormat dan Tegas kami mohon kepada :

1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk lebih ketat menjaga kelestarian hutan dan satwa Indonesia.

2. CEO marketplace di Indonesia (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada) untuk melarang dan langsung blokir orang/oknum yang menjual bagian satwa (Asli) di marketplace tersebut.

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk lebih ketat menjaga transaksi jual beli satwa/bagian satwa dilindungi di marketplace dan sosial media.

4. Masyarakat di Indonesia sama-sama menjaga, melestarikan, tidak memperjualbelikan bagian satwa dilindungi (apapun itu jenis produknya).

Salam Lestari

Prasetia Diputra
Ketua Yayasan Forestry Lestari

dan

Femke Den Haas
Jakarta Animal Aid Network

Untuk ikut mendukung petisinya, kamu bisa memberikan tandatangan melalui tautan berikut ini: https://www.change.org/p/larang-jual-tubuh-satwa-dilindungi-blokir-akun-penjualnya-lazadaid-shopeeid-bukalapak-tokopedia-kementerianlhk-satwadilindunginotforsale