IFBC Banner

Sejarah Gado-gado, Kuliner Indonesia yang Bikin Mesut Ozil Jatuh Cinta

Rabu, 25 Mei 2022 – 20:02 WIB

Mesut Ozil mencicipi gado-gado

Mesut Ozil mencicipi gado-gado

JAKARTA, REQnews - Bintang sepak bola internasional Mesut Ozil tiba di Indonesia pada Selasa 24 Mei 2022, untuk menjalani sejumlah agenda. Setiba di Tanah Air, ia kemudian mencicipi berbagai macam kuliner khas Nusantara.

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, mantan bintang Real Madrid ini mencicipi jamu kunyit asem hingga rendang yang ia puji sebagai makana terlezat.

Ozil juga ternyata jatuh cinta dengan gado-gado. Ia mengunggah foto makanan itu yang disajikan bersama emping dan telor rebus, lalu menulis caption, "Gado-gado, saya suka ini."

 

Kepincut dengan hidangan-hidangan lezat khas Indonesia, tampaknya telah membuat Ozil jatuh cinta.

Gado-gado adalah hidangan sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Disebutkan, bahwa makanan ini berasal dari kebudayaan Betawi, dan sudah dikenal luas secara internasional.

Orang-orang luar negeri menjuluki gado-gado ini sebagai 'vegetables salad with peanut sauce', atau salad sayuran dengan saus kacang. Selain kaya rasa, juga tinggi kandungan gizi serta menyehatkan.

Belum ada sumber yang pasti menjelaskan secara detail terkait sejarah gado-gado. Namun, konon namanya diambil dari istilah 'digado', yang dalam bahasa Betawi artinya dimakan tanpa nasi.

Ya benar, gado-gado aslinya dimakan dengan lontong. Bahkan, terkadang tanpa lontong juga tetap nikmat.

Sumber lain mengatakan, gado-gado adalah makanan yang aslinya adalah pecel Jawa, lalu dimodifikasi oleh orang-orang Tionghoa di Indonesia. Hidangan ini dulunya adalah favorit para penjajah Belanda.

Kuliner sejuta umat ini tidak pernah tergerus oleh zaman. Meskipun banyak jenis-jenis hidangan terbaru, namun gado-gado tetap laris manis di seantero Nusantara.