IFBC Banner

Fix Gofar Hilman Batal Gabung Prambors! Aliansi Laki-laki Baru: Dukung Penghapusan Kekerasan Seksual

Sabtu, 28 Mei 2022 – 21:01 WIB

Petisi tolak Gofar Hilman gabung Prambors di Change.org.

Petisi tolak Gofar Hilman gabung Prambors di Change.org.

JAKARTA, REQnews - Radio Prambors FM baru saja mengumumkan bahwa mereka tidak jadi bekerja sama dengan Gofar Hilman. Sejatinya, Prambors menunjuk Gofar menjadi salah satu penyiar mereka. Dalam unggahan Instagramnya pada Senin, 23 Mei 2022, Prambors menyebut Gofar bakal siaran dari Senin-Jumat pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Keputusan Prambors menunjuk Gofar menuai berbagai reaksi di masyarakat. Lewat petisi di laman Change.org Indonesia, misalnya, user bernama "Aku Perempuan" mempertanyakan keputusan Prambors memilih Gofar.

"Saya kaget bahwa mulai Senin, 23 Mei 2022, di jam di mana orang berangkat kerja atau kuliah, berkendara sendiri menuju sekolah atau diantar orang tua, Prambors dengan sadar akan menunjuk seseorang yang bangga meniduri ratusan perempuan bahkan membuat 25 folder sextape, mengudara di frekuensinya," tulis Aku Perempuan, pembuat petisi www.change.org/DearPramborsKenapaGofar

Aku Perempuan menyayangkan keputusan Prambors FM dikarenakan Gofar Hilman juga sempat dilaporkan atas tuduhan pelecehan seksual. Meskipun korban sudah mencabut laporan, Aku Perempuan menyayangkan ketidakpekaan PramborsFM akan sulitnya pembuktian dan keberpihakan hukum terhadap perempuan korban pelecehan seksual.

"Masa iya, sekelas Prambors tidak paham akan sulitnya pembuktian dan keberpihakan hukum terhadap perempuan korban pelecehan seksual?," tulisnya di petisi.

Keputusan PramborsFM tidak melanjutkan rencana kolaborasi dengan Gofar lantas mendapat apresiasi sekaligus kritik dari Saeroni, Koordinator Nasional Aliansi Laki-laki Baru.

Menurut Saeroni, media memang seharusnya bersikap secara tegas mendukung penghapusan kekerasan seksual, di antaranya dengan berpihak pada korban. Ia menambahkan, "terduga kuat" pelaku kekerasan seksual atau mereka yang masih menunjukkan sikap bahwa kekerasan seksual adalah hal yang lumrah dilakukan oleh laki-laki memang seharusnya tidak diberi peran atau ruang.

Menurut dia, sikap Gofar terhadap relasi seksual sangatlah toxic dan dapat menjadi role model yang buruk bagi anak muda. Karena itulah, Ia tegaskan kalau kesempatan kedua tidak pantas diberikan pada orang-orang yang tidak jelas keberpihakannya dan tidak mengalami perubahan cara pandang sikap dan perilaku. Terlebih lagi cara-cara intimidasi yang dilakukan terhadap korban adalah bukti nyata dari relasi kuasa.

"Penghukuman dan sanksi soal itu penting untuk membantu dan memberikan pembelajaran bagi para pelaku untuk menyadari kekeliruannya dan menyadari bahwa power yang dimilikinya itu bisa hilang, sehingga ia bisa lebih menghargai orang lain," tutup Saeroni.

*Untuk mengetahui jumlah terakhir penandatangan petisi #DearPramborsKenapaGofar klik di https://www.change.org/p/dear-prambors-kenapa-gofar